View Full Version
Ahad, 14 Feb 2016

Ustadz Fuad Al Hazimi: Bagi Sahabat Nabi Pagi Kaya Sore Miskin Itu Biasa

KENDAL (voa-islam.com) - Hidup di zaman modern saat ini, kemiskinan menjadi momok kehidupan yang sangat berat, pasalnya kebutuhan hidup begitu mahal. Segala sesuatunya harus ditempuh dengan uang. Sehingga banyak sekali orang yang stres dan bingung menghadapi situasi seperti ini.

Gaya hidup yang terlalu memperturutkan hawa nafsu menjadikan hedonisme sebuah visi kehidupanya. Tentu hal seperti ini akan berakibat fatal bila pendapatan tak bisa memenuhi budget yang ada. Akhirnya jiwa bergejolak dan berakhir di rumah sakit jiwa.

Perubahan status sosial dari kaya ke miskin adalah hal yang paling ditakuti di zaman modern ini, maka tidak jarang saat ini banyak orang melupakan perintah agama untuk taat pada Allah SWT. dan lebih mementingkan kerja mencari uang. 

Ustadz Fuad Al Hazimi, Dewan Syariah Jamaah Anshorus Syariah (JAS), saat memberikan tausiah dalam Majelis Silaturahmi Forum Ukhuwah yang di adakan di Weleri, beliau menyampaikan tentang kondisi para sahabat Rosululloh SAW.

"Bagi para sahabat Rosululloh perpindahan status sosial dari miskin ke kaya atau sebaliknya itu hal biasa, bahkan pagi kaya sore miskin pun bukan sesuatu yang menakutkan. Karena para sahabat Rosululloh mempunyai sifat yang mulia yaitu gemar bersodaqoh serta lebih mengutamakan orang lain (itsar)," katanya pada Sabtu yang lalu.

Ustadz Fuad, yang lama berdakwah di Australia ini, juga menjelaskan.

"Sebaiknya saat ini kita harus mengikuti apa yang menjadi kebiasaan para sahabat, karena dalam Islam urusan kaya dan miskin itu masalah takdir. Tinggal seberapa sabar kita menanti rizki dari Allah," ungkapnya.

Selain itu Ustadz Fuad juga membawakan sederet kisah para sahabat guna menginspirasi hadirin yang datang dari berbagai kota. Perubahan kondisi para sahabat nabi dari kaya ke miskin maupun sebaliknya bukan di karenakan habis untuk memenuhi kebutuhan nafsu atau belanja yang tak perlu, akan tetapi harta mereka habis untuk disumbangkan di jalan Allah demi perjuangan islam.

Semoga kita semua di anugerahi banyak ilmu dan amal sehingga keberkahan akan selalu menghampiri. [protonema/voa-islam.com]

Editor:Syahid


latestnews

View Full Version