View Full Version
Kamis, 28 Apr 2016

YPI Al-Azhar Tetapkan Awal Ramadhan dan 1 Syawal Seragam dengan Muhammadiyah

JAKARTA (voa-islam.com)--Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar Jakarta menetapkan awal Ramadhan 1437 H jatuh pada Senin, 6 Juni 2016. Sementara 1 Syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

Sebelum melakukan penetapan, Dewan Syariah YPI Al-Azhar menggelar mudzakarah pada Rabu (27/4/2016) di aula Buya Hamka Masjid Agung Al-Azhar.

Pada mudzakarah ini menghadirkan beberapa pakar seperti Thomas Djamaluddin (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional/LAPAN), Prof. Dr. Susiknan Azhari (Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah), Dr. KH. Slamet Hambali (Lajnah Falakiyah PBNU). Selain itu hadir para peserta dari berbagai ormas.

Ketetapan ini akan menjadi acuan bagi kegiatan jamaah dan masyarakat umum yang berlangsung di lingkungan YPI Al-Azhar di berbagai daerah.

Ketua Umum YPI Al-Azhar Muhammad Suhadi mengatakan, pada tahun ini kemungkinan besar tidak ada perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan dan 1 Syawal di antara elemen masyarakat. Sebelumnya Muhammdiyah juga telah menetapkan awal Ramadhan dan Syawal dengan waktu yang sama.

"Dalam muzakarah dibahas oleh pakar Muhammadiyah dan NU dari sisi astronomi dan hisab. Kemungkinan perbedaan itu sangat kecil," ujar Suhadi kepada wartawan, Rabu (27/4/2016) sore.* [Syaf/voa-islam.com]

 

 

 


latestnews

View Full Version