View Full Version
Kamis, 26 May 2016

Jumat, 27 Mei 2016 Saat Tepat Koreksi Arah Kiblat yang Akurat

JAKARTA (voa-islam.com)—Jumat, 27 Mei 2016, matahari akan berada tepat di atas Kabah. Sehingga, besok menjadi waktu yang mudah untuk menentukan arah kiblat yang tepat.

Dalam keterangan pers Kementerian Agama disebutkan bahwa data astronomi menunjukkan matahari akan melintas tepat di atas Kabah pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak, pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Ka’bah," demikian keterangan Kemenag tertanggal Kamis, 26 Mei 2016.

Menurut Kemenag peristiwa semacam ini dikenal dengan nama Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Oleh karena itu, umat Muslim dan pengurus masjid atau mushala bisa melakukan penentuan arah kiblat yang tepat dan akurat pada Jumat besok. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah: pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lod/bandul, permukaan harus benar-benar datar dan rata, dan jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version