View Full Version
Selasa, 21 Jun 2016

Ingat, Taqwa Kunci Pembuka Rezeki

SOLO (voa-islam.com)--Berbagai macam bentuk rezeki kita terima dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Segala rezeki yang turun wajib kita syukuri. Salah satu cara mensyukurinya dengan bersedekah.

Doni Febriando, penulis buku ‘Kembali Menjadi Manusia’  menuturkan, sedekah merupakan wujud syukur atas segala nikmat karunia yang Allah berikan. Sedekah diberikan dengan penuh ke ikhlasan. Sebab seorang muslim yang bertakwa  pasti tahu bahwa di dalam harta yang dimilikinya ada hak orang lain. Sedekah pula yang akan membuat Allah semakin banyak memberikan kepada kita.

"Karena seorang muslim mampu membawa amanah Ilahi berupa harta dengan baik, adil dan tidak bakhil,” tutur Doni dalam talkshow inspiratif bertajuk “ Getar Cahaya di Atas Atmosfer Cinta:  In Giving We Accept Many Things” yang diadakan oleh Khadijah Bussiness School (KBS) dan Berkah Keluarga Yatim (Berkarya) di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, Ahad (19/6/16).

Lanjutnya, muslim yang bertaqwa tentu menyadari bahwa ada peran Allah dalam setiap ikhtiar yang dilakukan. Namun dizaman jahiliyah modern ini tidak jarang banyak manusia justru menganggap rejeki yang didapat adalah hasil kerja keras pribadi tanpa adanya campur tangan Allah.

Akibatnya timbul sifat bakhil dan enggan bersedekah. " Manusia yang lalai dari Tuhannya pasti akan berusaha mati- matian dalam bekerja untuk mengumpulkan harta sebanyak- banyaknya dengan jalan yang bertentangan dengan fitrahnya sebagai manusia, menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan,"imbunya.

Sementara itu, Fitra Jaya Saleh pendiri Raihanshop.com mengatakan seringkali orang salah kaprah dalam mengartikan rezeki. Rezeki kerap dimaknai hanya berupa harta benda. Padahal hal hal non matetiil seperti kesehatan dan kebahagiaan juga termasuk rezeki. Maka tidak heran jika banyak orang yang lupa bersyukur, sebab salah dalam memaknai rezeki.

Menurut Fitra, untuk meraih rezeki yang barokah seorang muslim harus menjadi pribadi yang bertaqwa. 

"Menjadi sosok muslim yang bertakwa sebagai salah satu penyebab dibukanya pintu rezeki," pungkasnya.* [Anto/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version