View Full Version
Senin, 27 Jun 2016

Perkuat Akidah Muallaf Tengger, BMH Adakan Buber di Senduro

LUMAJANG (voa-islam.com) - Unit Perwakilan Baitu Mall Hidayatullah (UP BMH) Lumajang, mengadakan buka bersama Muallaf Suku Tengger, di dusun Puncak, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jum'at, (25/06) kemarin. 

Untuk mencapai lokasi tidak mudah, sebab terlebih dahulu mendaki lereng tebing tinggi nan berkelok-kelok. Jarak pandangpun sangat terbatas. Maklum daerah ini berkabut karena memiliki ketinggian lebih dari seribu kaki dari permukaan laut.

Tak ayal setiap kendaraan yang melintas harus berhati-hati, dikarenakan  jalannnya sempit lagi terjal. jika tidak kurang waspada rawan terjatuh dalam jurang. Syukurnya, setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, team bisa sampai ke lokasi tujuan dengan selamat.

Menurut manajer UPBMH Lumajang, Anantiyo Istanto, rencananya dari Lumajang berangkat jam 13.00 dengan menggunakan 2 tas ransel (obrok) akan membawa  takjil. Karena beratnya medan yang akan dilalui dan tidak dapat ditempuh dengan mobil, ternyata takjil bertambah, 2 jam sebelum berangkat, kita kebinggungan membawahnya.

“Alhamdulillah setengah jam sebelum berangkat, Bapak Yudi (Donatur BMH) yang kemarin ikut mengantarkan di buka bersama muallaf tengger sesi pertama Jum’at (17/06)kemaren menelfon bahwa beliaunya bersama 2 orang  temannya ikut dengan membawa mobil Avanza putih. Mobil mengantarkan takjil hanya dijalan yang dapat ditempuhnya, selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki,” paparnya.

 

Pembinaan

Kegiatan ini, tutur Anantiyo Istanto,  merupakan kelanjutkan program pembinaan muallaf Senduro dengan menggulirkan acara “Buka Puasa Bersama Muallaf dan Donatur BMH.” Sebelumnya, sudah pernah diadakan acara serupa.

Lelaki Asal Bondowoso ini menceritakan, semangat pengadaan kegiatan buka puasa kali ini, salah satunya datang dari Ibu Enny, simpatisan BMH. Dia (Enny), tambah Tio, panggilan akrabnya, merasa senang dan takjub melihat acara buka puasa tahap pertama yang disambut penuh antusias oleh warga muallaf.

“Beliau sangat terkesan dengan acara buka bersama muallaf tahap pertama, sehingga mengusulkan mengadakan acara serupa lagi. Kami dari BMH pun menyambut ide itu dengan antusias,” ucap alumni STAIN Jember ini.

Selain itu, lanjut Tio, kegiatan ini dalam rangka melakukan pembinaan kepada para muallaf, dikarenakan masyarakat suku Tengger selama ini masih kental menganut ajaran agama Hindu.

 

Eratkan Silaturahim

Di kecamatan Senduro sendiri sampai saat ini masih terdapat Pura yang diyakini oleh orang-orang beragama Hindu sebagai tempat tertua ke-2 setelah Pura yang ada di Bali, Denpasar. Hampir tiap pekan rombongan umat hindu Bali datang ke Pura tersebut sampai seterusnya.

"Buka puasa bersama juga dalam rangka mempererat tali persaudaraan sesama muslim serta bertujuan mengokohkan iman para muallaf, sehingga mereka tambah yakin dan berpegang-teguh dengan agama yang baru mereka anut ini, juga bisa menghilangkan kebiasaan mereka yang dulu," tambahnya menjelaskan tujuan diadakannya buka bersama dengan muallaf senduro.

Di lain pihak, warga sangat berterima kasih dengan segala bantuan yang telah diberikan oleh BMH bersama para donatur dan simpatisannya.

“Kami sangat berterima kasih dengan diadakannnya acara-acara macam ini, karena sangat membantu di dalam meningkatkan pemahaman pengetahuan mereka tentang agama yang belum lama ia anut,” ujar Kardi, Ketua Takmir Masjid Jabal Nur Puncak. [andre/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version