View Full Version
Rabu, 29 Jun 2016

Semesta Ramadhan, Santunan Yatim dan Dhuafa Berkonsep Edutainment

TANGERANG (voa-islam.com)—Lembaga Kemanusiaan  ESQ pada Ramadhan 1437 Hijriyah kembali menggelar santunan kepada 1000 anak yatim dan dhuafa dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang, Selasa (28/6/2016). Acara bertajuk Semesta Ramadhan ini digelar di Universitas Terbuka Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten.

General Manager Lembaga Kemanusiaan ESQ Thesiana Budisetianti mengatakan kegiatan ini rutin digelar setiap Ramadhan dan tahun ini merupakan kelima kalinya. Santunan ini oleh Lembaga Kemanusiaan ESQ dikemas berbeda dengan kegiatan serupa yang dilakukan lembaga sosial lainnya.

“Kegiatan ini memberi suasana berbeda. Dengan konsep edutainment, anak-anak yatim dan dhuafa setiap tahunnya diajak belajar berbagai tema,” ungkap Thesiana.

Misalnya pelaksanaan pada Ramadhan 2012 lalu yang mengangkat tema soal budaya. Kemudian tahun berikutnya mengangkat tema bahari, dirgantara, dan kekayaan alam. Untuk 2016, diangkat tema lingkungan.

Diharapkan sekembalinya dari acara ini, mereka mendapat pengetahuan tentang berbagai cara untuk menjaga lingkungan selain mendapatkan santunan dan bingkisan.

Melalui drama musikal yang mengajak 1000 anak untuk berinteraksi didalam jalan cerita, workshop pemilahan sampah dan daur ulang sampah diharapkan dapat menambah pengetahuan dan motivasi mereka dalam mengelola sampah secara bijak.

Sementara, Ketua Umum Lembaga Kemanusiaan ESQ Lea Sri Indari Irawan menjelaskan latarbelakang didirikan lembaga yang dipimpinnya itu. Menurut Lea, Lembaga Kemanusiaan ESQ didirikan sebagai wujud kepedulian alumni ESQ kepada isu sosial.

“Saat ini ada sekitar 1,5 juta alumni ESQ. Para alumni itu ada suat keinginan untuk total action. Jadi lembaga ini adalah total action dari para alumni, berkumpul, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan,” jelas Lea.

Selain menyantuni anak yatim dan dhuafa setiap Ramadhan, kata Lea, LK ESQ juga melaksanakan sejumlah program lainnya seperti Beasiswa Generasi Cerdas Berakhlak, Aksi Sehat, Tanggap Bencana, Nikah Massal, Khitanan Massal, Operasi Katarak, dan lainnya.* []

 

 

 

 


latestnews

View Full Version