View Full Version
Kamis, 25 Aug 2016

Cegah Kristenisasi, Umat Islam Diminta Tingkatkan Dakwah

BANDUNG (voa-islam.com) - Pakar kristologi, Insan Mokoginto meminta umat Islam dari berbagai aliran bersatu. Dia juga meminta para ulama agar lebih masif melakukan dakwah terutama di pelosok. Hal itu penting sebagai salah-satu upaya mencegah kristenisasi dan permutadan.

“Hal ini penting dilakukan sebagai salah-satu upaya umat Islam untuk memerangi gerakan kristenisasi dan pemurtadan,” tuturnya Rabu (24/8).

Jika umat Islam tidak bersatu dan terus berselisih satu sama lain, kata Insan, maka umat Islam akan terpecah belah. Dengan begitu akan mudah untuk dihancurkan hanya dengan memanfaatkan konflik intern di antara umat Islam.

Selain itu, upaya lain yang harus dilakukan adalah para ulama harus lebih masif melakukan dakwah bukan hanya di perkotaan saja, tetapi harus masif melakukan dakwah di pelosok-pelosok desa di Indonesia.

“Dan tentunya materi dakwah yang disampaikan pun harus menyeluruh bukan hanya aspek ibadah saja, “ katanya.

Di samping itu, para ulama pun seharusnya berdakwah bukan hanya kepada umat Islam. Namun semua kalangan dari berbagai agama harus tersentuh oleh dakwah Islam. Karena perintah dakwah yang sesungguhnya diperintahkan oleh Allah SWT adalah ke seluruh umat manusia.

“Yaitu berdakwah untuk mengajak umat di luar Islam masuk Islam,” jelasnya.

Jangan justru gerakan dakwah menyeluruh ke semua umat manusia tersebut dilakukan oleh misionaris seperti saat ini. Namun, seharusnya dilakukan oleh para ulama Islam yang memang sudah jelas bahwa dakwah ke semua itu sudah menjadi kewajiban

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa Rasulullah SAW diutus untuk semua umat manusia baik yang beragama Islam maupun bukan Islam, dan untuk semua alam semesta ini.

“Yang artinya Islam ini harus disebarkan ke seluruh umat manusia, dan kita umat Islam terutama para ulama harus berdakwah bukan hanya kepada umat Islam tetapi yang bukan umat Islam harus didakwahi,” imbaunya.

Jangan justru gerakan dakwah menyeluruh ke semua umat manusia tersebut dilakukan oleh misionaris seperti saat ini. Namun, seharusnya dilakukan oleh para ulama Islam yang memang sudah jelas bahwa dakwah ke semua itu sudah menjadi kewajiban.

“Inilah kenyataan dilapangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, dan memerlukan upaya nyata dari umat Islam untuk mengatasi kristenisasi dan permutadan,” pungkasnya. [persisalamin/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version