View Full Version
Sabtu, 03 Sep 2016

LIPIA Segera Buka Kampus di Medan, Surabaya, dan Makassar

JAKARTA (voa-islam.com)--Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA) yang merupakan cabang dari Universitas Imam Muhammad Ibn Sa’ud, Riyad, Saudi Arabia, berencana akan membuka tiga kampus  baru di beberapa kota Indonesia yaitu Medan (Sumatera Utara), Surabaya (Jawa Timur), dan Makassar (Sulawesi Selatan).

Pembangunan yang telah disepakati oleh pemerintah Indonesia ini masih dalam proses administrasi dan negosiasi. Sementara untuk penandatanganan kesepakatan menurut Syaikh Dr. Abdullah As-Sulamy, Direktur Akademi Luar Negeri, Universitas Imam Muhammad bin Sa'ud telah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

“Saat ini masih dalam proses. Apakah pihak Kementerian Agama memberikan tanah lalu pihak LIPIA yang membangun, atau tetap dimulai saja dengan cara sewa. Tapi MoU sudah ditandatangani, hanya menunggu komunikasi pelaksanaannya,” kata Syaikh Abdullah saat di temui di Kampus LIPIA Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Sementara untuk program di tiga cabang itu, hanya ada program persiapan bahasa (i’dad lughawi) selama dua tahun. Kedepannya akan dikembangkan dengan mengadakan program penyempurnaan (takmily) selama satu tahun.

“Meski demikian tidak akan dimulai kecuali telah selesai proses administrasi. Disana hanya dilaksanakan program idad, dan kemungkinan ditingkatkan program penyempurnaan.Tapi pemerintah Indonesia minta ditingkatkan,” ujar Syaikh Abdullah.

Kendati demikian, mahasiswa yang telah menyelesaikan program i’dad selama 2 tahun di LIPIA diharapkan bisa mendaftar di kampus-kampus Indonesia dengan langsung melanjutkan ke tingkat semester 5. Hal tersebut menurut Syaikh sudah digalang kerjasama dengan beberapa kampus di Indonesia.

 “Alumni dari tiga lembaga ini harapannya sudah bisa masuk semester lima di sejumlah universitas sudah digalang kerjasama,”  jelas dia.* [Nizar/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version