View Full Version
Ahad, 25 Sep 2016

Ribuan Pengurus Masjid Ikuti Pelatihan Masjid Mandiri MTW

JAKARTA (voa-islam.com)--Tidak kurang dari lima ribu peserta mengikuti Pelatihan Masjid Mandiri yang digelar Majelis Ta'lim Wirausaha (MTW) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (24/9/2016). Ribuan orang orang itu mewakili lebih dari 2300 masjid di Jabodetabek dan juga sebagian dari Malaysia. 

"Awalnya kita targetkan peserta hanya 350 orang, karena kapasitas ruangan. Ternyata peserta membludak menjadi lebih dari lima ribu orang,” ungkap Pimpinan Majelis Ta’lim Wirausaha (MTW) Valentino Dinsi dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (24/09/2016). 

Valentino mengungkapkan, besarnya animo peserta terhadap pelatihan ini menunjukkan bahwa selama ini sebenarnya para pengurus masjid menunggu-nunggu adanya pelatihan pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid.

“Mereka menunggu siapa yang meniup (memanggil) saja,” kata pendiri International Muslim Business Connection (IMBC) ini. 

Sebagai kelanjutan dari pelatihan ini, kata Valentino, para peserta akan digabungkan dalam Komunitas Masjid Kita yang merupakan Jaringan Masjid Nusantara sehingga antara satu pengurus masjid dapat berinteraksi dengan yang lainnya. 

“Aplikasi masjid kita akan menjadi teknologi yang menghubungkan semua masjid. Sebuah platform yang menghubungkan semua masjid dan potensi di dalamnya,” tambahnya. 

MTW Pusat juga akan membantu men-set up serta melakukan pembinaan wirausaha di masjid-masjid dengan menggunakan model MTW yang telah berhasil dikembangkan oleh MTW di beberapa provinsi di Indonesia.

“Kita ubah mindset pengurus masjid supaya membangun ekonomi berbasis masjid,” ungkap Ketua Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) itu. 

Dengan upaya ini, Valentino bercita-cita pada 2030 nanti umat Islam bisa menguasai perekonomian. Cara yang dilakukan untuk mewujudkan harapan itu adalah dengan mentoring dan coaching (pembinaan).

“Uang umat ini cukup untuk membiayai pembangunan bangsa,” katanya. 

Tak hanya itu, Valentino berharap, dengan dilakukannya pemberdayaan ekonomi umat melalui masjid, kedepannya akan melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan.

“Semoga pemimpin-pemimpin umat akan lahir dari masjid,” pungkasnya. 

Selain Valentino Dinsi, pelatihan ini juga menghadirkan pembicara di antaranya Ketua Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Ustaz Jazir ASP,  CTO Masjid Kita M. Firaz Fiashal dan Kasubid Pelatihan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Akbar Zainudin, MM.

Pelatihan ini didukung oleh Ayam Bakar KQ 5, Wong Solo, MTT (Majelis Taklim Telkomsel), Batik Trusmi, Sabana Fried Chicken, Rumah Zakat, dan Hisana Fried Chicken.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version