View Full Version
Ahad, 18 Dec 2016

Mantap! Gemas Ciptakan Alat Ketok untuk Bersihkan Karpet Masjid

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Gerakan Membersihkan Masjid (Gemas) membuat alat pembersih karpet masjid yang bernama Alat Ketok Karpet. Inovasi itu dilakukan untuk memudahkan proses membersihkan masjid. Alat tersebut akan diluncurkan oleh Gemas dalam rangkaian acara Gemas In Ciamis, Ahad 18 Desember 2016.

“Ini karya pertama Gemas yang ditemukan oleh tim kreatif kami,” kata Ketua Gemas, Romadi Yanto, pada Kamis (15/12).

Perjalanan penemuan Alat Ketok Karpet tidak memakan waktu yang singkat, tim kreatif Gemas harus melalui waktu panjang dan beberapa tahap pembuatan.

Tim kreatif Gemas awalnya membuat alat ketok yang bekerja secara manual, lalu alat dimodifikasi menggunakan dynamo motor. Sehingga alat bekerja secara otomatis. Pembuatan alat yang terbaru kurang lebih memakan waktu satu bulan, tergantung kemampuan teknisi yang mengerjakan. 

"Saat ini, alat itu juga masih perlu penyempurnaan,” tutur Romadi.

Menurut Romadi, Alat Ketok Karpet sangat efektif untuk membersihkan karpet-karpet masjid. Membantu Gemas dalam rangkaian pembersihan masjid. "Kami juga dalam tahap membuat buku panduan penggunaanya,” katanya.

Rencananya, Gemas akan menyalurkan alat tersebut ke sejumlah cabang Gemas di Indonesia. Oleh karena itu, Gemas berharap ada donator atau investor yang dapat membantu memproduksi alat tersebut.

Mengingat proses produksi yang membutuhkan banyak biaya.
Gemas juga berharap alat ini bisa menjadi nilai tambah, di mana masjid dengan kondisi keuangan yang baik bisa memesannya.

"Minimal setiap satu kelurahan memiliki alat ini,” kata Romadi. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version