View Full Version
Senin, 19 Dec 2016

Habib Rizieq, Tengku Zulkarnain Raih Penghargaan Tokoh Bela Negara Bersama Kapolri dan Panglima TNI

 

JAKARTA (voa-islam.com)--LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) memberikan penghargaan kepada sembilan tokoh pada saat peringatan Hari Bela Negara.

Penghargaan ini diberikan di saat peringatan hari Bela Negara yang jatuh pada hari ini, Senin (19/12).

Mereka adalah, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo; Kapolri Jenderal Tito Karnavian; Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab; Wasekjen MUI Tengku Zulkarnaen; Tokoh Pergerakan Rachmawati Soekarno; Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti; Menteri Sosial Khofifah Indar Prawangsa; dan penyanyi tiga zaman, Titiek Puspa.

Ketum Perempuan LIRA, Jihan Azka Savitry mengatakan, penganugerahan ini diharapkan bisa menjadi motivasi dan memberikan inspirasi kepada masyarakat agar memiliki semangat juang dan melawan segala bentuk yang merongrong kedaulatan bangsa.

“Kami menilai, sembilan tokoh ini berpengaruh dan layak diberikan penghargaan karena mampu mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Bhenika Tunggal Ika dan NKRI,” kata dia dalam keterangan persnya seperti dikutip dari JawaPos.com Senin (19/12/2016).

Menurut dia, LSM LIRA dengan anggota terbanyak di Indonesia dan telah meraih rekor Muri menilai, untuk menjaga ketahanan nasional, bukan semata-mata tanggung jawab dari militer, tapi mesti dibarengi semua elemen.

Konsep bela negara, sambungnya, dapat diartikan secara fisik dan non-fisik.

“Secara fisik dengan mengangkat senjata. Yang non-fisik didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara,” tutur dia.

Setelah ini LSM LIRA akan mendatangi satu per satu para tokoh yang telah diberikan pengargaan itu dengan memberikan piagam secara simbolis. “Tentu akan kita bicarakan nanti dan kita temui secara langsung mereka,” tukas dia. * [JP/Fajar/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version