View Full Version
Rabu, 21 Dec 2016

Gemas In Ciamis: Sebarkan Semangat Berbagi dan Kreatif Secara Nasional

 

CIAMAIS (voa-islam.com)--Komunitas Gerakan Membersihkan Masjid (Gemas) menggelar acara Gemas In Ciamis pada 17-18 Desember 2016. Kegiatan tersebut bertujuan menyebarkan semangat berbagi dan kreatif secara nasional.

"Ini juga merupakan bentuk silaturahim komunitas Gemas dengan para Mujahid Longmarch Ciamis dalam aksi 212," kata Ketua Gemas Indonesia dalam keterangan persnya pada Selasa (20/12/2016).

Awalnya, kata Romadi, acara tersebut berasal dari salah satu warga Ciamis yang ikut serta dalam aksi 212 menyatakann ingin membuka cabang Gemas di Ciamis. 

"Dengan harapan bisa menginspirasi banyak orang untuk selalu bersemangat dalam melakukan suatu kebaikan dan untuk memperluas ranah Gemas di wilayah nasional," tuturnya.

Gemas adalah Komunitas berbasis kerelawanan yang Independen, tidak berada dibawah lembaga sosial swasta maupun pemerintah dengan pendanaan dari donasi publik para donatur tidak terikat bahkan lebih sering berasal dari kantong kantong Relawan sendiri, yang Concern dalam edukasi kebersihan, terutama Kebersihan Masjid, sejak didirikan Setember 2015 Gemas di Jakarta sudah berkeliling membersihkan Masjid dan Musholla disetiap akhir pekan.

Romadi menjelaskan, Gemas menargetkan aksi bersih masjid menjadi tren anak muda di Indonesia. Oleh karena itu,  upaya mengembangkan sayap ke seluruh Indonesia terus dilakukan.

"Gemas bukan organisasi pertama yang menjalankan program bersih-bersih Masjid, namun secara profesional dan konsisten akan menjalankan program meskipun dengan fasilitas yang masih sangat sederhana," ungkapnya.

Program yanhuah dijalankan oleh Gemas adalah cuci dan ganti mukena, donasi karpet mesjid, paket lebaran untuk Marbot, donasi sendal untuk masjid dan Musholla, 

“InsyaAllah kami jalankan perogram sesuai perkembang kondisi dan kebutuhan di Masyarakat, karena Gemas lebih menanamkan nilai edukasi agar lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan sekitar terutama kebersihan Mesjid," ucapnya.

"Prosesnya, kami mengajak masyarakat sekitar dan pengurus masjid untuk ikut bersih-bersih bersama, melakukan edukasi di tempat-tempat  umum seperti di acara Car Free Day, dan memiliki BKRTB (Buka, Kuras, Remas, Tutup, Buang) yaitu perogram edukasi membuang sampah agar dapat mengurangi seperlima dari volume sampah biasa” lanjut Romadi.

Acara Ciamis In Action, dimulak di Mesjid Miftahul Ulum Ma’arif Bangunsirna dengan gelar salat berjamaah malam atau  Qiamul Lail pukul 2.30 wib. Kemudian dilanjutkan dengan Tausiah Spirit 212, sharing Mujahid Ciamis, hingga sholat Subuh berjamaah, sosialisasi program, Pengukuhan kepengurusan Cabang Gemas Ciamis dan Banjar.

Paginua dilanjutkan dengan sholat Dhuha, melakukan aksi bersih-bersih Mesjid dan Pesanteren Miftahululum.

Pada Kesempatan itu, Gemas pusat memberikan donasi alat kebersihan berupa vacum cleaner untuk tim baru Gemas Ciamis dan Banjar, serta donasi karpet kepada Majlis Ponpes. Pada kesempatan itu juga, diluncurkan Alat Ketok Karpet, karya inovasi Gemas untuk membersihkan karpet yang dipercaya sangat cepat dan efektif dalam membersihkan masjid.

"Para santri mencoba penggunaan Alat Ketok Karpet," cetus Romadi.

Gemas juga mengajak seluruh Relawan dan donatur untuk bersinergi bersama untuk melakukan aksi, guna menutupi faktor kelemahan masjid seperti belum terawat sesuai standar atau kurangnya pemahaman marbot dengan pengetahuan membersihkan masjid.

"Kalau disikapi secara positif menjadi peluang atau ketersedian ladang amal yang luas untuk melakukan langkah langkah kongkrit memberi manfaat” pungkasnya. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version