View Full Version
Kamis, 27 Apr 2017

MTQ Pelajar Kota Surakarta Tumbuhkan Semangat Cinta Al-Quran

SOLO (voa-islam.com)--Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar tingkat Kota Surakarta, Jawa Tengah diharap dapat menumbuhkan semangat cinta Al Quran.

Lebih dari itu, MTQ juga dinilai memberi sumbangsih dalam membangun masyarakat Surakarta yang berakhlaqul karimah.

Said Romadhon, selaku asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Surakarta mengatakan, Pemkot Surakarta siap memberikan fasilitas baik moril dan materiil untuk menunjang pembinaan kafilah MTQ Pelajar yang akan mewakili ke tingkat provinsi.

Terlebih Surakarta mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah MTQ Pelajar tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Ini momentum berharga, yang harus dibarengi dengan peningkatan kualitas kafilah agar mampu memberikan prestasi membanggakan,” katanya Rabu (26/4/2017).

Pihaknya berharap MTQ yang digelar dapat semakin membumikan Al-Quran di Kota Surakarta. Terlebih saat ini kota Surakarta telah menyandang predikat sebagai Kota Sholawat.

Sementara itu, Charis Muanis, Koordinator Hakim Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Surakarta menuturkan, MTQ Pelajar tahun ini meliputi kelompok peserta SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, Pondok Pesantren dan Umum.

"Setidaknya ada tujuh cabang yang dilombakan, yakni Tartil, Tilawah, Tahfidz, Khath, Fahmil, Syarhil, dan Tafsir," jelas dia.

Menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi kualitas peserta. Diantaranya, peran guru pembimbing di sekolah, kualitas pelatih dan diri pribadi peserta.

Oleh karena itu dibutuhkan keseriusan dan dana yang cukup besar untuk melakukan pembinaan berkelanjutan.

“Sehingga pembinaan terhadap kafilah MTQ tidak bisa hanya beberapa bulan, minimal satu tahun,” katanya. * [Aan/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version