View Full Version
Senin, 11 Sep 2017

Wahdah Islamiyah Komitmen Bantu Pengungsi Muslim Rohingya

 
MAKASSAR (voa-islam.com)--Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah menggelar tabligh akbar sekaligus penggalangan dana untuk Muslim Rohingya di Masjid Raya Bukit Baruga, Antang Makassar, Sulawesi Selatan Ahad (10/9/2017).
 
Antusias kaum muslimin kota Makassar untuk menghadiri tabligh akbar dengan tema Duka Nestapa Rohingya ini sangat tinggi. Para jamaah membludak sehingga sebagian tidak mendapat tempat di dalam masjid. Bahkan ada beberapa peserta rela berdiri sambil mengikuti kegiatan tabligh akbar. 
 
Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah ustadz Dr. Rahmat Abdulrahman, Lc. MA membawakan ceramah dalam tabligh akbar tersebut. Ustadz Rahmat mengingatkan jamaah akan hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam yang menyebutkan bahwa umat Islam bagaikan satu tubuh, jika bagian tubuh yang lain mengalami sakit maka yang lain akan turut merasakannya. 
 
“Ibarat satu tubuh, satu yang disengat maka yang lain akan ikut merasakan sengatannya, satu yang menderita semua ikut merasakan penderitaannya. Satu yang bahagia maka semua ikut merasakan kebahagiaannya. Begitu perumpamaan yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita,” ungkap ustadz Rahmat
 
 
“Maka, pembantaian kaum muslimin Rohingya atau di daerah mana pun seharusnya menggerakkan kaum muslimin lainnya untuk memberikan bantuan semampu apa yang mereka bisa. “Persaudaraan Islam tidak mengenal batas teritorial negara. Dimana pun ada orang yang mengikrarkan syahadat maka dia adalah saudara kita,” kata ustadz Rahmat.
 
Ustadz Rahmat juga menyatakan komitmen Wahdah Islamiyah untuk memberikan beasiswa penuh untuk anak-anak pengungsi Rohingya yang ingin mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah Wahdah Islamiyah. 
 
Penceramah lain dalam tabligh akbar ini adalah ustadz DR. Aminsyah Tambunan. Wakil Sekjen MUI Pusat tersebut mengatakan, peristiwa yang menimpa muslim Rohingya menjadi ujian bagi kaum muslimin lainnya.
 
“Diantara hikmah dari Rohingya adalah untuk membuka mata kita, mata hati kita dan tak hanya di situ kita pun harus membuka kantong-kantong kita untuk meringankan penderitaan saudara-saudara kita muslim Rohingya," motivasi ustadz asal Medan, Sumatera Utara ini.
Panitia juga menghadirkan beberapa pengungsi Rohingya di Makassar. Nurul Islam, sebagai perwakilan dari pengungsi Rohingya mengucapkan terima kasih atas masyarakat Indonesia atas berbagai bantuan yang telah mereka terima selama ini. 
 
Alhamdulillah, penggalangan dana dalam tabligh akbar ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar 1.128.000.000. Direktur LAZIS Wahdah, Syahruddin mengatakan capaian penggalangan dana tersebut telah melebihi target yang telah direncanakan sebelumnya yakni 1 M.
 
“InsyaAllah dalam waktu dekat ini LAZIS Wahdah yang tergabung dalam Aliansi Kemanusian Indonesia untuk Myanmar (AKIM) akan mengirim tim untuk menyampaikan langsung bantuan untuk Rohingya di Myanmar. Kami juga akan berusaha menyampaikan bantuan di Bangladesh yang menjadi basis pengungsi terbesar bagi Rohingya saat ini,” ungkap Syahruddin sesaat setelah tabligh akbar. * [Ril/Syaf/voa-islam.com]
Share this post..

latestnews

View Full Version