View Full Version
Sabtu, 16 Sep 2017

Ribuan Umat Islam Kembali Gelar Aksi Solidaritas untuk Muslim Rohingya

JAKARTA (voa-islam.com) - Ribuan massa umat Islam Sabtu (16/9/2017), menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya. Aksi yang diinisiasi oleh Crisis Center for Rohingya (CC4R) PKS dan puluhan ormas islam di Indonesia itu menggelar aksi mereka di Monumen Patung Kuda Jakarta Pusat. Diperkirakan 150 ribu massa aksi dari berbagai elemen masyarakat mengikuti aksi solidaritas dan penggalangan dana kemanusiaan tersebut.

Direktur CCC4R PKS, Sukamta mengatakan Aksi Bela Rohingya yang diwakili organisasi politik dan masyarakat mengajukan tiga tuntutan kepada semua pihak baik pemerintah, organisasi internasional dan masyarakat dunia.

Pertama, papar Sukamta, segera lakukan upaya keras yang memaksa pemerintah Myanmar menghentikan kekerasan dalam berbagai bentuk kepada etnis Rohingya.

"Lakukan tekanan yang keras dan segera, agar kekerasan terhadap Muslim Rohingya segera berhenti," ujar Sukamta.

Kedua, mengembalikan hak-hak kewarganegaraan etnik Rohingya sebagai warga negara Myanmar dan mengembalikan dari pengungsian ke kampung halaman mereka. "Tindakan pembersihan etnik ini nyata. Harapan warga Rohingya adalah mereka bisa pulang ke tempat tinggal mereka di Myanmar," kata anggota Komisi I DPR RI ini.

Terakhir, sebut ia, dunia internasional harus menyeret pelaku genosida dan pembersihan etnik terhadap warga Rohingya ke Mahkamah Internasional. "Tindakan pembersihan etnik adalah kejahatan kemanusiaan," terangnya.

Aksi solidaritas untuk Rohingya ini berlangsung dari pukul 9 pagi dan berakhir sekitar pukul satu siang. Beberapa tokoh turut hadir dalam acara tersebut di antaranya KH Abdurrosyid Abdullah Syafii, Kyai Nonop Hanafi dari Ciamis, tokoh reformasi Amin Rais, ketua umum partai Gerindra Prabowo Subiakto, perwakilan umat Buddha Indonesia serta beberapa tokoh pimpinan ormas Islam.[fq]


latestnews

View Full Version