View Full Version
Senin, 14 May 2018

MIAI; Sejarah Persatuan yang Terlupakan

BANDUNG (voa-islam.com) - Sejarawan yang juga Peneliti dari Insist Dr. Tiar Bachtiar menuturkan bahwa sebelum Indonesia merdeka tepatnya pada masa penjajahan Jepang, berbagai macam ormas Islam pernah bersatu dalam sebuah federasi yang disebut dengan MIAI (Majelis Islam 'Ala Indonesia).

"MIAI ini bentuknya seperti Federasi isinya adalah kumpulan ormas-ormas Islam yang waktu itu ada seperti Muhammadiyah, Persis, NU, Al-Irsyad, Persatoean Ummat, dan lain sebagainya," katanya beberapa waktu lalu dalam acara #Inshaff Day tentang 'Dinamika Sejarah Islam Indonesia, MIAI: Persatuan yang Terlupakan' yang diselenggarakan oleh DKM Ulul Abshor Unpas di Masjid TSB.

"MIAI ini dibentuk oleh para ulama pada saat itu dalam merespon soal berbagai macam perbedaan yang terjadi di lapangan yang kalau dibiarkan akan mengganggu cita-cita perjuangan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah," lanjutnya.

Menurut Tiar, MIAI karena adalah organisasi berbentuk federasi, tidak memilili banyak program karena waktu itu fungsinya adalah sebagai wadah koordinasi dan komunikasi antar berbagai macam elemen umat Islam untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah.

"Paling MIAI itu sukses menggelar beberapa Kongres Umat Islam yang isinya membahas isu-isu yang tentang umat Islam baik yang ada di Indonesia waktu itu maupun yang terjadi di dunia," pungkasnya. [syahid/voa-islam.com]  


latestnews

View Full Version