View Full Version
Selasa, 11 Sep 2018

Pejabat PBB: Serangan Rezim di Idlib Akan Picu Krisis Kemanusiaan Terburuk Abad ke-21

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang pejabat terkemuka PBB memperingatkan pada hari Senin (10/9/2018) bahwa serangan rezim Suriah terhadap provinsi Idlib dapat memicu "krisis kemanusiaan terburuk" pada abad ke-21.

Kepala Kemanusiaan Mark Lowcock mengatakan serangan yang direncanakan rezim terhadap Idlib kemungkinan akan menyebabkan sejumlah besar kematian warga sipil, dan mungkin kehilangan nyawa terbesar abad ini.

"Harus ada cara untuk mengatasi masalah ini yang tidak mengubah beberapa bulan ke depan di Idlib menjadi bencana kemanusiaan terburuk dengan korban jiwa terbesar di abad 21," kata Lowcock kepada wartawan.

"Kami sangat waspada terhadap situasi ini, karena jumlah orang dan kerentanan orang-orang ... warga sipil sangat beresiko."

Rezim Suriah dan Iran telah membangun pasukan mereka di sekitar provinsi Idlib, benteng terakhir pejuang oposisi dengan kekhawatiran serangan di wilayah itu sudah dekat.

Idlib adalah rumah bagi sekitar 3 juta orang, sekitar setengah pengungsi yang melarikan diri dari bagian lain Suriah menyusul serangan rezim sebelumnya.

Serangan baru terhadap Idlib kemungkinan akan mencabut 800.000 orang, PBB memperingatkan, yang menyebabkan masalah besar bagi badan-badan bantuan.

"Kami sangat aktif mempersiapkan kemungkinan bahwa warga sipil yang bergerak dalam jumlah besar ke berbagai arah," kata Lowcock.

Turki terus memberikan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah oposisi di Idlib dan Latakia - yang terletak di utara Suriah - dan mengoperasikan sejumlah pos pengamatan militer di provinsi itu.

Penduduk Idlib berharap kehadiran Turki di provinsi itu mungkin mencegah serangan besar oleh pasukan rezim dan hubungan Ankara dengan Iran dan Rusia dapat mengarah pada gencatan senjata baru.

Tapi serangan udara rezim Rusia dan Suriah di Idlib telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, dengan rumah sakit di antara yang menjadi target.

Taktik semacam itu telah biasa dilakukan rezim teroris Assad sebelumnya sebelum mereka memulai serangan darat.  (st/AFP)


latestnews

View Full Version