View Full Version
Rabu, 28 Mar 2012

5 Pengawal Konvoi Truk NATO Tewas Disergap Taliban

FARAH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sedikitnya lima kontraktor keamanan swasta yang mengawal konvoi truk NATO tewas dalam serangan oleh Taliban di provinsi Farah, Afghanistan barat, Press TV melaporkan.

Sebuah konvoi truk tanker yang membawa bahan bakar untuk pasukan pimpinan Amerika diserang di desa Dizak di kota Bala Boluk di provinsi Farah Senin malam. Selama insiden itu, lima penjaga keamanan Afghanistan milik sebuah perusahaan keamanan swasta tewas, menurut pihak berwenang Afghanistan.

Para penyerang melarikan diri dari TKP setelah serangan itu. Taliban Afghanistan belum berkomentar mengenai insiden tersebut.

Pasukan keamanan telah meluncurkan penyelidikan atas insiden ini.

Perusahaan-perusahaan keamanan swasta di Afghanistan memberikan pelayanan untuk personil militer asing dan kedutaan besar hingga layanan keamanan bagi organisasi non-pemerintah dan juga perusahaan media.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai sebelumnya memerintahkan Kementerian Dalam Negeri untuk mengintensifkan upaya untuk menutup perusahaan keamanan swasta dalam dan luar negeri di negara itu, menuduh mereka melakukan tindakan merampas dan mencuri, serta memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok kriminal dan bahkan mungkin mendanai pemberontak.

Sekitar 95 persen dari pegawai yang dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan keamanan swasta yang ada di Afghanistan adalah warga Afghanistan, dengan satu persen warga AS dan sisanya empat persen dari negara lain, kata laporan itu. (st/ptv,em)


latestnews

View Full Version