View Full Version
Senin, 03 Mar 2014

Taliban Afghanistan Bantah Terlibat Pembunuhan 3 Tentara Perbatasan Trukmenistan

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Taliban di Afghanistan membantah laporan mengenai serangan kelompok pejuang Islam tersebut terhadap para penjaga perbatasan Turkmenistan.

Sebelumnya hari Kamis (27/2/2014) pejabat lokal di provinsi Badghis barat Afghanistan mengatakan  bahwa kelompok mujahidin Taliban menyerang dan membunuh tiga penjaga perbatasan Turkmenistan pada Rabu malam.

Namun, kelompok Taliban di Afghanistan menolak keterlibatan kelompok itu di balik serangan tersebut dan mengatakan para pejabat pemerintah mencari untuk mencapai tujuan jahat mereka dengan menyalahkan serangan itu terhadap kelompok Taliban.

"Emirat Islam mengutuk keras insiden berbahaya ini dan tegas menolak keterlibatannya dalam tindakan yang merugikan dan tidak bertanggung jawab seperti itu sementara juga ucapkan bela sungkawa kepada Turkmenistan dan anggota keluarga dari petugas polisi yang dikatakan tewas," kata Taliban menyusul sebuah pernyataan.

Pernyataan itu lebih lanjut menambahkan, "Ini harus dimaksudkan bahwa Imarah Islam Afghanistan menginginkan hubungan baik dalam rangka saling menghormati dengan negara-negara tetangga dan regional serta masyarakat internasional."

"Emirat Islam tidak mengganggu urusan orang lain dan juga tidak menerima campur tangan orang lain dalam urusan mereka sendiri. Emirat Islam memiliki hubungan yang baik dengan negara-negara tetangganya pada masa pemerintahannya dan masih berkomitmen untuk prinsip-prinsip hubungan bertetangga yang baik dan saling menghormati," tambah pernyataan itu.

Pernyataan ini datang setelah pejabat setempat menyalahkan pemimpin kelompok Taliban Mullah Abdullah dan Ahmad untuk memasuki wilayah Turkmenistan dan membunuh tiga penjaga perbatasan Turkmenistan.

Para pejabat konsulat Turkmenistan di Afghanistan barat juga menegaskan bahwa tiga penjaga perbatasan mereka tewas menyusul serangan militan. (by/kp)


latestnews

View Full Version