View Full Version
Rabu, 04 Jun 2014

Taliban Sembelih Kambing Untuk Rayakan Pembebasan 5 Pemimpin Mereka

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Taliban Afghanistan merayakan rasa syukur atas pembebasan para komandan mereka yang ditahan di penjara Teluk Guantanamo Kuba dengan menyembelih kambing yang disajikan dengan para tamu di seluruh wilayah kekuasaan mereka di Afghanistan bahkan sampai negara tetangga Pakistan.

Lima pemimpin senior Taliban dibebaskan dari penjara Guantanamo awal pekan ini sebagai pertukaran untuk pelepasan tentara AS Sersan Angkatan Darat Bowe Bergdhal yang telah ditahan Taliban sejak 2009 lalu.

Seorang komandan senior Taliban menggambarkan pembebasan pemimpin kelompok mereka sebagai sebuah "momen bersejarah bagi kami."

Komandan Taliban itu sebagaimana dikutip NBC mengatakan bahwa pertukaran tawanan tawanan tersebut adalah pertama kalinya musuh telah "secara resmi mengakui status kami."

"Setelah kami dikonfirmasi kedatangan lima pahlawan kami kembali di Qatar, perayaan dimulai di mana-mana di Afghanistan dan negara tetangga Pakistan," kata komandan itu.

Dia juga menambahkan, "Kambing-kambing sedang disembelih dan disajikan bersama dengan para tamu dan di beberapa tempat kambing-kambing dimasak bersama beras."

Lima pemimpin Taliban yang dibebaskan dari tahanan di penjara Teluk Guantanamo, Mullah Mohammad Fazl, Mullah Khairullah Khairkhwa, Mullah Norullah Noori, Mullah Mohammed Nabi dan Mullah Abdul Haq Wasiq - dianggap warga Afghanistan yang paling senior yang ditahan di fasilitas penahanan AS di Kuba tersebut. Kelimanya telah ditangkap selama agresi militer Amerika di tahun 2001 di Afghanistan yang meruntuhkan pemerintahan sah Taliban.

Sebuah situs web pro-Taliban juga merilis sebuah video yang menunjukkan para tahanan Taliban tersebut telah tiba di Qatar dan disambut perwakilan Taliban. (by/kp)


latestnews

View Full Version