View Full Version
Rabu, 30 Jul 2014

Pejuang Oposisi Suriah Ledakan Bom Terowongan di Aleppo, Tewaskan 13 Pasukan Assad

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah meledakkan bom-bom di terowongan di bawah kota Aleppo hari Selasa (29/7/2014) sore dan menewaskan 13 pasukan yang loyal kepada Presiden Bashar Al-Assad di kota utara tersebut, sebuah kelompok pemantau HAM mengatakan.

Bom-bom itu diletakkan di dua terowongan di bawah bagian bersejarah kota tersebut dekat sebuah kantor polisi, kata Obersevatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris tersebut menggunakan jaringan sumber-sumber di lapangan.

Serangan itu tampaknya dilakukan oleh kelompok-kelompok brigade Islam yang memerangi Assad, katanya. Ledakan itu menewaskan pasukan pemerintah dan milisi Syi'ah yang bertempur disisi mereka, Obeservatorium itu menambahkan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Aleppo adalah salah satu dari kota-kota utama yang diperebutkan oleh pihak yang bertikai di Suriah dengan pasukan pemerintah mengambil wilayah strategis disekitarnya pada Juni, mengepung jalur suplay utama pejuang oposisi di kota itu setelah berbulan-bulan keuntungan pertempuran melawan Damaskus.

Kemajuan pasukan pemerintah itu karena didukung oleh para petempur dari kelompok milisi Syi'ah bersenjata Libanon, Hizbulla, sumber-sumber yang dekat dengan kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters awal bulan ini.

Pejuang oposisi mendapatkan kemajuan di Aleppo, yang pernah menjadi kota bisnis, di tahun 2012 dari utara dan merebut distrik-distrik di pusat kota tersebut. Militer Suriah sejak itu menguasai terutama di bagian selatan dan barat Aleppo, namun tidak mampu untuk mendorong keluar pejuang oposisi.

Pasukan yang loyal kepada Assad saat ini mengontrol hampir seluruh Damaskus bersama dengan jalan raya utama dari ibukota melalui Homs dan pantai barat Mediterania. Sementara pejuang oposisi, termasuk dari kelompok kuat Negara Islam Irak dan Suriah Raya (ISIS) yang kini menjadi Negara Islam (IS), mengontrol sebagian besar wilayah gurun di utara dan timur. (st/tds)


latestnews

View Full Version