View Full Version
Senin, 25 Aug 2014

Boko Haram Dirikan Khilafah Islamiyah Baru di Nigeria

NIGERIA (voa-islam) - Boko Haram merilis video mendeklarasikan kota Gwoza  sebagai ibukota Khilafah Islam yang baru di Nigeria. 

Pemimpin Boko Haram Abu Bakar Shekau mengatakan ia telah menciptakan sebuah kekhalifahan Islam baru di kota timur laut Nigeria yang telah dikuasainya sejak awal bulan ini, seperti disiarkan dalam sebuah video yang dipublish di Internet, Ahad (24/8/2014).

"Syukur kepada Allah yang memberi kemenangan kepada saudara-saudara kita di kota Gwoza dan menjadikannya bagian dari kekhalifahan Islam," kata Abubakar Shekau dalam video tersebut.

Pada abad ke-19, sebuah kekhalifahan Islam Sokoto juga pernah diproklamasikan di sebagian besar Nigeria utara dan dianggap terpisah dari kerajaan Islam lainnya, seperti Kekaisaran Turki Usmani.

Abu Bakar Shekau menyatakan bahwa kota Gwoza, di negara bagian Borno, sekarang "tidak ada hubungannya dengan Nigeria".

"Dengan kasih karunia Allah kita tidak akan meninggalkan kota. Kami telah datang untuk tinggal, " kata Shekau.

Di bawah kendali Boko Haram

Kantor kemanusiaan PBB (OCHA) awal bulan ini mengkonfirmasi laporan bahwa Gwoza telah berada di bawah kendali Boko Haram.

Boko Haram juga diyakini mengendalikan wilayah lainnya di dekat Gwoza di Borno selatan, serta sebagian besar wilayah-wilayah di Borno utara dan setidaknya satu kota di negara bagian Yobe.

Pemetaan yang tepat atas daerah yang telah jatuh ke tangan pejuang Islam ini hampir mustahil dilakukan.

Para ahli telah mengatakan bahwa Boko Haram lebih dekat daripada sebelumnya untuk mencapai tujuannya untuk mendirikan sebuah Negara Islam di seluruh Nigeria utara. (aj/dbs)

 


latestnews

View Full Version