View Full Version
Ahad, 07 Sep 2014

Boko Haram Serang Kota Timur Laut Dekat Perbatasan Kamerun

ADAMAWA, NIGERIA (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Boko Haram pada Sabtu (6/9/2014) pagi menyerang kota lain di timur laut Nigeria, mendorong ke arah selatan dalam strategi nyata untuk mengukir sebuah wilayah Islam di utara terpencil negara Afrika kaya minyak tersebut, penduduk dan pejabat setempat mengatakan.

Pejuang dari kelompok Boko Haram, yang telah mengambil alih beberapa kota dan desa sebelah timur laut dalam beberapa pekan terakhir, menyerbu Gulak di bagian utara negara bagian Adamawa, dekat perbatasan berbukit dengan Kamerun di mana mujahidin dianggap memiliki basis.

Seorang saksi mata serangan tersebut, Sabo Lukas, yang melarikan diri ke ibukota negara bagian Adamawa Yola, mengatakan kepada Reuters para mujahidin telah bergerak dari rumah ke rumah dalam serangan di Gulak, dan dia telah melihat jenazah korban namun tidak bisa memberikan perkiraan jumlah mereka yang tewas.

Tanko Wazumtu, seorang pembantu Gubernur Adamawa Alhaji Umaru Ahmed Fintiri, juga mengkonfirmasi serangan itu, mengatakan ayahnya sendiri adalah di antara mereka yang tewas.

Para pejabat militer Nigeria di Yola dan ibukota federal Abuja tidak menanggapi permintaan komentar.

Gulak terletak sekitar 50 km barat daya dari Gwoza, sebuah kota perbatasan di wilayah tetangga negara bagian Borno yang direbut oleh Boko Haram bulan lalu dan di mana pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau, memproklamasikan "wilayah Muslim" di timur laut. Kota lain, Madagali, diantaranya Gwoza dan Gulak, sudah diserang sebelumnya. (sn/Reuters)


latestnews

View Full Version