View Full Version
Kamis, 09 Oct 2014

SOHR: Islamic State Kuasai Lebih Sepertiga Kota Kurdi Kobani

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Mujahidin Islamic State telah menguasai lebih dari sepertiga dari kota perbatasan Suriah Kobani meskipun serangan udara yang dipimpin AS menargetkan mereka di dalam dan sekitar komunitas berpenduduk terutama Kurdi tersebut, sebuah kelompok monitoring mengatakan Kamis (9/10/2014).

Komandan dari milisi Kurdi Kobani mengatakan Islamic State menguasai daerah yang sedikit lebih kecil. Namun, dia mengakui bahwa mujahidin telah membuat kemajuan besar dalam puncak dari pertempuran tiga pekan .

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), yang memonitor perang saudara di negara itu, mengatakan Islamic State - masih dikenal luas dengan bekas singkatan mereka, ISIS - telah mendorong maju pada hari Kamis.

"ISIS mengontrol lebih dari sepertiga dari Kobani. Semua wilayah timur, sebagian kecil dari timur laut dan wilayah di tenggara," kata kepala Observatorium, Rami Abdulrahman.

Esmat al-Sheikh, kepala pasukan milisi Kurdi di Kobani, mengatakan para pejuang Islamic State telah menyita sekitar seperempat dari kota di timur. "Bentrokan-bentrokan sedang berlangsung - pertempuran jalanan," katanya kepada Reuters melalui telepon dari kota itu.

Sebuah ledakan terdengar pada Kamis di sisi barat Kobani, dengan asap hitam tebal terlihat dari perbatasan Turki yang berjarak beberapa kilometer sementara suara jet terbang di atas dan tembakan sporadis terdengar dari kota terkepung tersebut.

Mujahidin Islamic State telah mengibarkan bendera mereka di dalam kota itu semalam saat mereka melakukan serangan baru setelah sebelumnya menggunakan taktik mundur menyusul serangan udara AS yang menargetkan bagian belakang pertahanan mereka. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version