View Full Version
Kamis, 16 Oct 2014

Pembom Jibaku Islamic State Tewaskan Pemimpin Milisi Syi'ah Badar

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Seorang Anggota Parlemen dan pemimpin milisi Syi'ah terkenal Irak tewas bersama sedikitnya 20 orang lainnya pada Selasa (14/10/2014) dalam serangan bom jibaku yang dilakukan oleh mujahidin Islamic State (IS).

Ahmed al-Khafaji, seorang komandan milisi Syi'ah Badr, termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan di daerah Kadhimiyah, sesama anggota parlemen dan seorang pejabat medis mengatakan.

Serangan itu, yang melukai setidaknya 51 orang, adalah yang ketiga di distrik Syi'ah Kadhimiyah dalam empat hari.

Dalam pernyataan yang diposting online, mujahidin Islamic State mengatakan bahwa seorang pembom jibaku yang diidentifikasi sebagai Abu Aisha al-Samarraie telah melakukan serangan itu dan bahwa Khafaji adalah target serangan.

Seorang Anggota Parlemen Syi'ah mengatakan bahwa Khafaji tewas dalam serangan itu.

"Kami telah memastikan bahwa ia tewas, meskipun belum sepenuhnya jelas apakah ia menjadi sasaran serangan," kata orang tersebut kepada AFP.

Sebuah sumber di rumah sakit juga mengatakan Khafaji berada di antara 21 orang yang tewas dalam ledakan itu.

Khafaji adalah anggota blok utama Syiah di parlemen, koalisi Negara Hukum, dari partai Dawa dimana Perdana Menteri Haidar al-Abadi juga merupakan bagiannya.

Tapi dia dikenal sebagai seorang pemimpin puncak milisi Badar, yang merupakan salah satu milisi bersenjata utama Syi'ah dalam pembantaian dengan penyiksaan ribuan Muslim Sunni dalam di tahun 2006 dan juga baru-baru ini  seperti yang dilaporkan oleh Amnesti Internasioanl. Milisi Syi'ah Badar memiliki hubungan dekat dengan Syi'ah Iran.

Kematian komandan Badr adalah pembunuhan profil tinggi kedua dalam tiga hari oleh Islamic State, yang juga menyatakan dibalik serangan yang menewaskan kepala polisi provinsi Anbar pada hari Ahad lalu. (st/f24)


latestnews

View Full Version