View Full Version
Kamis, 16 Oct 2014

Al-Shabaab Lakukan Serangan ke Baware, yang Pertama Sejak Mundur

BAWARE, SOMALIA (voa-islam.com) - Dua basis pemerintah Somalia dan sebuah hotel di Barawe diserang hebat ketika mujahidin Al-Shabaab menyerang kota itu Senin (13/10/2014) malam, menandai pertama kalinya kelompok melakukan serangan sejak menarik diri dari kota tersebut pekan lalu.

Menurut warga mujahidin Al-Shabaab memasuki kota sekitar tengah malam dan mulai menyerang Hotel Colombo, dekat pintu masuk kota, di mana pejabat pemerintah dan administrasi kota tinggal. Mereka kemudian secara bersamaan menyerang kantor polisi dan posisi lain di dekatnya, dan terlibat baku tembak dengan pasukan Somalia selama satu jam.

Kota pelabuhan Baware, bekas benteng Al-Shabaab, diambil alih pekan lalu tanpa pertempuran, dengan kelompok mujahidin itu diyakini telah mundur ke daerah terdekat untuk melakukan serangan gerilya. Serangan malam lalu bagaimanapun merupakan penyerbuan pertama ke kota Baware yang dilakukan oleh kelompok tersebut, meskipun kelompok itu telah menembaki pesawat presiden Somalia dengan senjata anti-pesawat udara ketika sang presiden mengunjungi Barawe dua hari yang lalu.

Pada pekan terakhir Al-Shabaab menarik diri dari kota pesisir Barawe tanpa perlawanan, namun kelompok ini telah berjanji untuk mengintensifkan serangan gerilya, dengan melakukan serangan malam dan penyergapan. (st/harar)


latestnews

View Full Version