View Full Version
Jum'at, 21 Nov 2014

Gubernur Islamic State Wilayah Mosul Dikabarkan Gugur dalam Serangan Udara AS

MOSUL, IRAK (voa-islam.com) - Seorang pemimpin senior Islamic State telah gugur dalam serangan udara di kota Mosul, Irak utara, penduduk dan sumber medis setempat mengatakan pada hari Kamis (20/11/2014).

Radwan Taleb al-Hamdouni, yang para sumber itu gambarkan sebagai pemimpin kelompok Islamic State (IS) di Mosul, gugur dengan sopirnya ketika mobil mereka terkena serangna di distrik barat kota pada Rabu sore.

Hamdouni dimakamkan Rabu malam. Sejumlah besar pendukung, beberapa membawa bendera tauhid, menghadiri pemakaman tersebut, kata satu sumber.

Dua pejabat AS mengatakan mereka tidak dapat mengkonfirmasi apakah Hamdouni telah tewas.

Hamdouni telah menjadi wali atau gubernur Islamic State untuk wilayah Mosul, yang direbut oleh IS pada bulan Juni dan merupakan kota terbesar di wilayah yang dikuasai IS yang mengangkangi perbatasan antara Irak utara dan timur Suriah.

Pemimpin Islamic State Abu Bakr al-Baghdadi memilih sebuah masjid di Mosul untuk memberikan khotbah pada bulan Juli, penampilan terbuka pertama sejak ia diangkat sebagai khalifah.

Sumber-sumber di Irak mengklaim dua pekan lalu bahwa ia telah terluka dalam sebuah serangan udara. IS kemudian merilis pernyataan audio yang menantang oleh Al-Baghdadi.

Seorang pejabat senior Syi'ah Irak mengatakan kepada Reuters awal bulan ini bahwa Mosul adalah fokus dari upaya pemerintah untuk mengalahkan IS, karena ukuran kota dan status simbolik setelah pidato Al-Baghdadi di sana. (an/Reuters)


latestnews

View Full Version