View Full Version
Kamis, 18 Dec 2014

Mujahidin Islamic State Hancurkan 6 Pos Kontrol Perbatasan Yordania

IRAK (voa-islam.com) - Mujahidin Islamic State (IS) memperoleh pijakan di perbatasan Yordania-Irak pada hari Selasa (16/12/2014) ketika mereka menghancurkan sedikitnya enam pos kontrol perbatasan Yordania, menurut laporan dari aktivis Yordania dan mujahidi yang terkait dengan Islamic State, juga sebelumnya dikenal sebagai Islamic State Irak and Syria (ISIS). Serangan itu, yang tentara Yordania belum mengkonfirmasi, menandai pertama kalinya sejak Juni kelompok mujahidin Sunni itu mencoba memasuki Yordania dari Irak.

Mujahidin IS awalnya mengambil alih pos perbatasan di sisi Irak yang berbatasan dengan Yordania pada bulan Juni, hanya beberapa pekan setelah IS merebut Mosul, kota terbesar kedua di Irak. Islamic State kemudian maju di pos perbatasan di dalam Jordan, yang disebut Trebil, New York Times melaporkan.


Twitter anggota Islamic State (IS) tentang serangan terhadap pos perbatasan Yordania dan Irak.

Tentara Yordania belum mengkonfirmasi serangan hari Selasa oleh mujahidin IS yang berbasis di Irak.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Carnegie Endowment for International Peace pekan lalu, Yordania telah mengambil beberapa langkah-langkah untuk mencegah IS, termasuk beefing keamanan perbatasan, menangkap pendukung yang berpotensi melakukan aksi jihad dan memperketat kontrol atas masjid. Sejauh ini, meskipun, langkah-langkah tidak menghentikan IS dari mencoba untuk memasuki negara itu.

Upaya tersebut berasal dari Irak dan Suriah. Pada hari Senin Jordan Times melaporkan patroli perbatasan Yordania mengalami kesulitan ketika mencoba untuk menghentikan "upaya infiltrasi oleh tiga warga Arab dari Suriah." Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Yordania, Kolonel Mamdoh al-Ameri, mengatakan tiga orang terluka selama  upaya infiltrasi dan penjaga perbatasan menangkap dua dari mereka. Laporan dari Jordan Times mengatakan penyeberangan perbatasan itu telah mengalami beberapa "upaya penyusupan." Awal bulan ini, para penjaga perbatasan menghentikan lima orang memasuki Yordania dari Suriah. Laporan berita tidak menunjukkan apakah orang-orang yang mencoba untuk menyeberang dari Suriah itu berafiliasi dengan IS.



Setelah pengambilalihan al-Rutba, ISIS mengalihkan pandangan pada Yordania dan Arab pic.twitter.com/YePFFHpw3f - Aaron Y. Zelin (azelin) 22 Juni 2014.

The International Business Times melaporkan pada bulan September bahwa kelompok mujahidin Sunni itu mungkin telah menyusup ke Yordania melalui perbatasan timur. David Schenker dari Istitut Washington pada Kebijakan Timur Dekat menerbitkan sebuah laporan hari Rabu yang mengatakan mujahidin terus "menantang stabilitas kerajaan."

Menurut laporan itu, selama beberapa bulan terakhir, Angkatan Bersenjata Yordania telah mencegah "beberapa" upaya penyusupan lintas batas oleh kelompok-kelompok bersenjata dari Suriah.

"Popularitas ISIS tampaknya telah tumbuh serta mengingat keuntungan kelompok tersebut di Suriah dan Irak," kata laporan itu.

Menurut media Saudi, Yordania telah memberikan beberapa anggota NATO data intelijen yang menggambarkan ancaman ISIS yang tumbuh di negeri itu.
 
Yordania bukan anggota NATO, tetapi dianggap sebagai sekutu utama NATO. Selama berbulan-bulan, AS telah menggunakan Yordania sebagai markas untuk pelatihan pasukan oposisi Suriah sekuler. AS juga mengandalkan Yordan untuk intelijen dan partisipasi mereka dalam serangan udara koalisi terhadap Islamic State di Irak dan Suriah. (st/ibtimes)


latestnews

View Full Version