View Full Version
Ahad, 11 Jan 2015

Al-Qaidah Yaman Tembak Mati Pemimpin Pemberontak Syi'ah Houtsi di Sana'a

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Mujahidin Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) telah menembak mati seorang pemimpin gerakan pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman di ibukota Yaman, Sanaa, laporan-laporan media Yaman menyebutkan.

Para penyerang yang mengendarai sepeda motor melepaskan tembakan ke arah Mohammad Al-Shami Mutahhar, ketua Komite Revolusioner di Rumah Sakit Militer Medis, membunuh dia di tempat.

Laporan menambahkan orang lain yang mendampingi Al-Shami juga tewas dalam serangan itu.

Mujahidin yang berafiliasi dengan Al-Qaidah dalam pesan yang diposting di Twitter Sabtu (10/1/2015) menyatakan tanggung jawab atas serangan mematikan tersebut.

Selama beberapa bulan terakhir, mujahidin Al-Qaidah telah menjadikan pemberontak Syi'ah Houtsi, yang telah merebut ibukota Sana'a, sebagai musuh utama disamping musuh tradisional mereka dari pemerintah dan pasukan keamanan Yaman.

Pemberontak Syi'ah Houtsi, yang berusaha mencaplok wilayah lain di Yaman yang mayoritas Sunni, kini harus merasakan pil pahit sebagaimana yang dirasakan pasukan keamanan Yaman sebelumnya dimana mereka telah menjadi target berbagai serangan setiap hari dari mujahidin afiliasi Al-Qaidah seperti pemboman, penyergapan atau pun pembunuhan yang terhadap para pemimpinnya.

Dalam sebuah rilisan yang dikeluarkan pada Desember lalu, AQAP mengatakan bahwa mereka telah melancarakan 149 serangan sejak perebutan ibukota Yaman Sana'a oleh pemberontak Syi'ah Houtsi pada akhir September. Kebanyakan dari serangan tersebut menimpa pemberontak Houtsi yang merupakan kaki tangan Syi'ah Iran, disamping AQAP tetap menargetkan musuh tradisional mereka, pemerintah dan militer Yaman. Selain keduanya rilisan itu juga menunjukkan serangan mereka yang menargetkan kepentingan asing, AS dan Iran. (st/ptv)


latestnews

View Full Version