View Full Version
Ahad, 01 Feb 2015

Boko Haram Lancarkan Serangan Baru di Kota Strategis Maiduguri

MAIDUGURI, NIFGERIA (voa-islam.com) Mujahidin Boko Haram telah meluncurkan serangan baru di kota utama di timur laut Nigeria, Maiduguri, dalam upaya untuk merebut kendali dari ibukota negara bagian Borno yang strategis dan penting tersebut.

Menurut para saksi para anggota Boko Haram yang menyerbu kota itu di sekitar pukul 3:00 pagi, t

erlibat dalam pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah selama beberapa jam. Pertempuran dilaporkan berlangsung di tepi selatan kota antara mujahidin Boko Haram dan tentara yang didukung oleh pasukan relawan. 

Para anggota Boko Haram mencoba untuk menangkap kota stategis itu pada 25 Januari dalam serangan yang digagalkan oleh tentara Nigeria. Meski demikian mereka berhasil merebut kota Monguno, yang terletak 125 kilometer di luar kota, dan menguasai sebuah pangkalan militer. 

Serangan simultan yang dilakukan oleh Boko Haram di Nigeria telah membuat pasukan keamanan di negara Afrika barat itu kewalahan sehingga meminta bantuan dari anggota persatuan negara-negara Afrika mengirimkan pasukan untuk membantu mereka.

 

Uni Afrika (AU) telah menyetujui rencana untuk membuat sebuah gugus tugas daerah bersama yang berkekuatan hingga 7500 pasukan dengan tujuan memerangi kelompok mujahidin tersebut dan telah mendapatkan persetujuan dari PBB.

 

 

S

elain negara Uni Afrika, yang secara regional memang terancam karena kehadiran Boko Haram,

 negara lain yang menyuarakan kesiapannya memerangi mujahidin Ahlu Sunnah tersebut adalah Syi'ah Iran

. (st/ptv)


latestnews

View Full Version