View Full Version
Kamis, 21 May 2015

Separuh Wilayah Negara Suriah Jatuh ke Tangan ISIS

DAMASKUS (voa-islam.com) - Lebih separuh wilayah Suriah kini dikuasai oleh ISIS setelah wilayah barat kota kuno Palmyra jatuh ke tangan ISIS, ungkap kelompok monitoring perang, Kamis, 21/5/2015.

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia mengatakan kepada Reuters kelompok ISIS telah menguasai pangkalan udara militer di kota dan penjara setelah menyerbu Palmyra, Rabu, 20/5/2015.

ISIS memposting pernyataan melalui Twitter mengatakan bahwa para pejuang itu mengontrol penuh  kota Palmyra, termasuk instalasi militer, dan pasukan pemerintah mundur meninggalkan sejumlah besar pasukan yang tewas.

Bentrokan sejak Rabu telah menewaskan sedikitnya 100 pasukan dan milisi Hisbullah pro-pemerintah, ungkap Observatorium, yang memperoleh informasi melalui jaringan sumber di medan perang.

ISIS menguasai seluruh kota langsung dari tentara dan sekutu pasukan Suriah, yang telah kehilangan daerah di barat laut dan selatan yang jatuh  kepada para kelompok-kelompok pejuang Islam  lainnya dalam beberapa pekan terakhir.

Pusat kota, juga dikenal sebagai Tadmur, dibangun di samping sisa-sisa peradaban oasis dengan jalan-jalan bertiang, kuil dan teater telah berdiri selama 2.000 tahun.

ISIS menguasai seluruh kota Palmyra dan sebagian besar sarana yang sudah kosong. Kota-kota utama Suriah, termasuk ibukota Damaskus, yang terletak di sisi barat di sepanjang perbatasan dengan Lebanon dan garis pantai dan telah menjadi prioritas bagi militer Suriah. Sekarang mereka tinggal mempertahankan ibukota Damaskus. (jkj/aby/voa-islam.com)
 

 


latestnews

View Full Version