View Full Version
Rabu, 28 Oct 2015

Taliban Ambil Alih Distrik Darqand di Afghanistan Utara

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Mujahidin Taliban menyerbu dan mengambil alih sebuah distrik di salah satu provinsi Afghanistan utara yang diguncang gempa kuat pekan ini, menewaskan 12 pasukan keamanan pemerintah setelah bentrokan sengit selama beberapa jam di daerah pegunungan terpencil tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, para pejabat mengatakan para pejuang Islam menguasai ibukota distrik Darqand di provinsi Takhar, di perbatasan dengan Tajikistan pada Rabu (28/10/2015) dini hari, melanjutkan kampanye mereka yang telah diintensifkan seluruh negeri tahun ini.

Daerah di sekitar Darqand bukan salah satu di mana ada laporan kerusakan besar atau korban jiwa akibat gempa hari Senin, yang menewaskan lebih dari 300 orang di seluruh wilayah luas Afghanistan utara dan Pakistan.

Tetapi daerah itu juga dalam zona dampak dan setidaknya 15 orang telah dilaporkan tewas dan lebih dari 40 terluka di provinsi Takhar secara keseluruhan.

Abdul Khalil Asir, juru bicara kepala polisi Takhar, mengatakan pasukan keamanan telah ditarik dari distrik itu setelah enam jam pertempuran semalam.

Dia tidak memberikan informasi mengenai korban namun juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 12 polisi tewas dan beberapa luka-luka. Dua pejuang Taliban juga gugur dan tiga terluka dalam kontak senjata, katanya.

Taliban Selasa membuka pintu untuk mengizinkan kelompok-kelompok bantuan untuk membawa bantuan darurat untuk korban bencana dan memerintahkan anggotanya untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana dengan segenap kemampuan mereka. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version