View Full Version
Sabtu, 12 Dec 2015

Taliban Serang Rumah Tamu Kedutaan Besar Spanyol di Ibukota Kabul

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban telah melancarkan serangan bom mobil di sebuah rumah tamu di dekat kedutaan Spanyol di ibukota Afghanistan Kabul, menewaskan sedikitnya satu petugas keamanan Spanyol.

Laporan awal mengatakan kedutaan Spanyol adalah target serangan pada Jum'at (11/12/2015) malam, tetapi Perdana Menteri Spanyol Marian Rajoy menolak ini, dan kemudian menambahkan bahwa serangan itu menewaskan satu polisi Spanyol.

Taliban menyatakan bertanggung jawab atas pemboman mobil di distrik Sherpur Kabul, di mana para saksi mengatakan tembakan masih terdengar.

Para pejabat polisi Afghanistan mengatakan tujuh pejuang Taliban terlibat dalam serangan itu juga telah menyebabkan tujuh orang terluka.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan "sebuah rumah tamu milik penjajah" adalah target serangan itu.

Setidaknya lima ledakan mengguncang daerah tersebut semalam.

Wakil Kepala polisi Kabul Gul Agha Rouani mengatakan dua penyerang gugur tapi tiga atau empat orang lainnya masih berada di Wisma.

Dia menambahkan bahwa tiga orang Spanyol berhasil diselamatkan dan tidak ada orang asing lainnya yang tersisa di dalam gedung.

Serangan itu adalah serangan kedua profil tinggi yang dilakukan oleh Taliban sejak Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengunjungi Pakistan untuk konferensi perdamaian regional awal pekan ini. Pertemuan dua hari berakhir Rabu, dengan kesepakatan antara kedua negara untuk memperkuat kerjasama bilateral dalam pertempuran melawan Taliban.

Katika konferensi itu sedang berlangsung di ibukota Pakistan Islamabad, Taliban melakukan serangan besar-besaran di bandara di kota Kandahar Afghanistan selatan, menewaskan sedikitnya 54 orang. (st/ptv)


latestnews

View Full Version