View Full Version
Ahad, 10 Jan 2016

Orang Bersenjata Coba Bunuh Komandan Pejuang Oposisi Islam di Homs dan Aleppo Suriah

HOMS, SURIAH (voa-islam.com) - Orang bersenjata tak dikenal mencoba membunuh komandan dari sebuah kelompok dalam gerakan Islam di daerah Al-Houla di pedesaan utara Homs, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Seperti dilansir situs syriahr.com hari Sabtu (9/1/2015), komandan yang tidak disebutkan namanya itu ditembak di depan rumahnya di kota Kafr Laha di pedesaan utara Homs namun berhasil meloloskan diri meski menderita luka-luka.

Seorang pria bersenjata juga berusaha untuk membunuh komandan wilayah al-Bureij di pedesaan utara Aleppo.  Pria bersenjata itu menembak sang komandan ketika ia meninggalkan daerah itu. Komandan yang tidak disebutkan namanya itu juga selamat meski menderita luka-luka.

Sumber-sumber mengatakan bahwa pengawal sang komandan berhasil menangkap pria bersenjata tersebut.

Sejak awal Desember setidaknya 20 komandan pejuang oposisi telah gugur di Suriah dalam serangkaian pembunuhan ditargetkan misterius SOHR melaporkan.

Para komandan itu telah meninggal akibat serangan bom pinggir jalan atau ditembak, tetapi tidak ada faksi tertentu yang telah menyatakan bertanggung jawab atas kematian mereka.

Para analis mengatakan mereka bisa menjadi bagian dari kampanye pembunuhan yang dilakukan oleh salah satu pihak baik dari rezim Presiden Bashar Al-Assad atau Daulah Islam (IS).

Pada hari Selasa, Abu Rateb al-Homsi, seorang komandan provinsi dalam kelompok oposisi Ahrar Al-Sham, gugur ketika penyerang tak dikenal menembaki mobilnya di provinsi tengah Homs, menurut SOHR.

Homsi adalah profil paling tinggi dari mereka yang gugur, yang sebagian besar berasal dari jajaran afiliasi Al-Qaidah di Suriah, Jabhat Al-Nusrah dan kelompok-kelompok seperti Al-Ahrar Sham. (st/shor,voi)


latestnews

View Full Version