View Full Version
Jum'at, 22 Jan 2016

Daulah Islam (IS) Mesir Nyatakan Tanggung Jawab atas Serangan Bom yang Menewaskan 9 Orang di Kairo

SEMENANJUNG SINAI, MESIR (voa-islam.com) - Daulah Islam (IS) pada hari Jum'at (22/1/2016) menyatakan bertanggung jawab untuk serangan bom yang menewaskan sembilan orang di Kairo.

Melansir kantor berita Reuters, dalam sebuah pernyataan di media sosial, IS mengatakan para pejuangnya melakukan operasi yang menewaskan enam polisi dan tiga orang lainnya dalam serangan di sebuah rumah yang dipasangi bom pada Kamis dekat lokasi piramida Mesir.

Mujahidin telah meningkatkan serangan terhadap tentara Mesir dan polisi sejak militer menggulingkan Presiden Muhammad Mursi dari Ikhwanul Muslimin pada tahun 2013 setelah protes dari kelompok sekuler dan liberal terhadap pemerintahannya.

Afiliasi Daulah Islam Mesir, dikenal dengan nama Wilayat Sinai, memimpin perjuangan bersenjata berbasis di Semenanjung Sinai berbasis yang Presiden Abdel Fattah al-Sisi menggambarkan sebagai ancaman eksistensial bagi negara.

Pemerintah Mesir telah memperketat keamanan menjelang ulang tahun kelima pemberontakan yang mengakhiri 30-tahun pemerintahan Presiden Hosni Mubarak pada hari Senin.

Pemerintah Sisi tidak mau mengakui tuduhan oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia bahwa pasukan keamanan Mesir bersalah melakukan pelanggaran HAM yang meluas yang menciptakan pembalasan dan lebih banyak permusuhan dari kelompok mujahidin terhadap negara. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version