View Full Version
Senin, 08 Feb 2016

Abu Sayyaf Bebaskan Balita Cucu Walikota Filipina yang Mereka Culik Sejak Maret Lalu

ZAMBOANGA, FILIPINA (voa-islam.com) - Kelompok Abu Sayyaf membebaskan seorang balita cucu dari seorang walikota di wilayah selatan Filipina yang bermasalah setelah menyanderanya selama lebih dari 10 bulan.

Mayor Filemon Tan, juru bicara Komando Mindanao Barat, mengatakan kepada wartawan hari Senin (8/2/2016) bahwa Ace Jay Garban ditemukan di provinsi mayoritas Muslim Sulu - yang dikenal sebagai kubu Abu Sayyaf - setelah penculikannya di provinsi Zamboanga del Sur yang didominasi Kristen pada bulan Maret tahun lalu.

"Dia terlihat berjalan tanpa pendamping. Segera, orang [yang melihatnya] mendekati anak itu dan membawanya ke pos terdekat pada Pasukan Pertahanan internal Jolo di Jolo," kata Mayor Filemon Tan seperti dilansir laman Anadolu Agency.

Pihak berwenang militer kemudian membawa Ace Jay, cucu Walikota pitogo, Richard Garban, ke Zamboanga City di mana ia bertemu kembali dengan keluarganya.

Pada tanggal 31 Maret, ia sedang bermain bersama kakaknya, Zynielle Jay, dua tahun dan seorang pekerja toko roti remaja ketika mereka ditangkap oleh orang-orang bersenjata yang telah gagal untuk menculik sasaran mereka sebenarnya, seorang pengusaha.

Pihak berwenang menuduh Abu Sayyaf telah menggunakan trio sebagai perisai manusia sementara melarikan diri dari polisi.

Sebulan setelah kejadian itu, Walikota Garban mengatakan para penculik telah mengirimkan pesan teks ke keluarga menuntut uang tebusan dari sebesar P60 juta ($ 1.340.000).

Seorang nelayan menemukan mayat Zynielle mengapung di dekat pelabuhan kota beberapa hari kemudian, dan sang remaja melarikan diri dari penculik mereka pada bulan Juli ketika kelompok itu terkejut dengan kehadiran pasukan militer di kota indanan.

Brigadir Jenderal Alan Arrojado, Komandan Joint Task Grup Sulu, mengkonfirmasi hari Senin bahwa Ace Jay telah menjalani medical check-up yang diperlukan.

"Dia dibersihkan dari luka fisik. Namun, ia telah mengalami trauma dalam penangkaran nya," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tidak diungkapkan apakah uang tebusan telah dibayar untuk pembebasan balita tersebut.

Geng-geng penculik untuk tebusan geng sering beroperasi di Teluk Zamboanga dan provinsi pulau Sulu, Basilan dan Tawi-Tawi.

Mereka dikenal untuk menyerahkan tawanan mereka ke Abu Sayyaf dan bernegosiasi untuk tebusan itu, jika dibayar, uang hasil tebusan dibagi bersama dengan kelompok itu.

Para penculik menggunakan jalur laut dan pesisir terisolasi untuk mengambil korban mereka, yang kemudian menahan mereka di desa-desa terpencil di semenanjung.

Didirikan pada awal 1990-an dengan uang dari pemimpin Al-Qaidah sebelumnya, Syaikh Usamah bin Ladin, Abu Sayyaf menjadi terkenal secara internasional karena menculik puluhan wisatawan asing untuk tebusan di awal 2000-an.

Kelompok ini juga telah disalahkan atas serangan terburuk di negara itu, termasuk pemboman feri  Manila Bay pada tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 100 orang.

ASG, yang saat ini menyatakan kesetiaan kepada Daulah Islam (IS), diyakini memiliki hanya beberapa ratus orang bersenjata, tetapi tumbuh subur di bagian Filipina selatan di mana perjuangan bersenjata oleh umat Muslim selama puluhan tahun untuk kemerdekaan atau otonomi. (st/aa)


latestnews

View Full Version