View Full Version
Selasa, 08 Mar 2016

Jabhat Al-Nusrah dan Kelompok Jihad Sekutu Rebut Bukit Strategis di Selatan Aleppo dari Rezim Assad

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Afiliasi Al-Qaidah di Suriah dan kelompok-kelompok jihad sekutu hari Senin (7/3/2016) bergerak maju pada serangkaian bukit strategis yang dikuasai oleh pasukan pro-rezim di utara Suriah, kata sebuah kelompok pemantau.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan mujanhidin yang memerangi loyalis pemerintah dan sebentar menyita salah satu dari tiga puncak bukit di daerah Al-Eis di selatan kota Aleppo.

"Para pejuang pro-pemerintah mendorong mereka kembali, tapi masih ada bentrokan sengit ketika pejuang dari Jabhat Al-Nusrah, Jund al-Aqsa, dan kelompok-kelompok lain mencoba untuk maju," kata kepala Observatorium Rami Abdel Rahman kepada AFP.

Jihadis meledakkan lima bom mobil selama ofensif mereka.

"Puncak bukit itu penting karena mereka memperkuat kehadiran rezim di pinggiran Aleppo dan memberi mereka kehadiran dekat jalan raya utama selatan menuju Damaskus," kata Abdel Rahman.

Provinsi Aleppo terpecah menjadi wilayah tambal sulam kompleks yang berada di bawah kontrol berbagai kelompok.

Islamic State (IS) dominan di timur, sementara kelompok jihad lain - beberapa bersekutu dengan Jabhat Al-Nusrah - mengontrol banyak bgian di barat.

Pasukan pemerintah yang bermarkas di selatan kota Aleppo telah mencoba untuk memperluas wilayah utara dan timur yang berada di bawah kendali mereka. (st/AFP)


latestnews

View Full Version