View Full Version
Selasa, 23 Aug 2016

Pejabat Nigeria Klaim Abu Bakar Shekau Terluka Parah dalam Serangan Udara Pemerintah

ABUJA, NIGERIA (voa-islam.com) - Nigeria mengklaim pemimpin salah satu kelompok paling mematikan di dunia, Boko Haram, terluka parah dalam serangan udara yang dilakukan oleh militer Nigeria di timur laut Negara bagian Borno, menurut laporan media mengutip seorang pejabat senior.

Tentara Nigeria telah melakukan "serangan udara yang paling sepktakuler dan belum pernah terjadi sebelumnya" dan "melukai secara parah" pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau, terbaca sebuah pernyataan yang dirilis Selasa (23/8/2016) pagi oleh Pejabat Pelaksana Direktur Hubungan Masyarakat Militer Nigeria, Kolonel Sani Kukasheka Usman, menurut media.

Serangan itu dilaporkan dilakukan pada 19 Agustus di desa Taye.

"Dalam apa yang bisa digambarkan sebagai serangan udara paling spektakuler dan belum pernah terjadi sebelumnya, kami baru saja mengkonfirmasi bahwa sebagai hasil dari upaya pencegatan dari Angkatan Udara Nigeria, beberapa pemimpin penting teroris Boko Haram tewas sementara yang lain terluka parah," klaim Usman.

"[Pada saat serangan] para teroris sedang melakukan ritual Jum'at."

Ini bukan pertama kalinya tentara Nigeria mengklaim telah membunuh Abubakar Shekau - laporan serupa dibuat pada tahun 2013 dan 2014.

Dalam video terbaru dari Shekau, kabarnya dirilis pada bulan Agustus, ia mengancam akan melakukan serangan di Abuja, ibukota Nigeria.

Boko Haram dianggap salah satu organisasi mematikan di dunia, setara dengan Islamic State (IS). Menurut Indeks Terorisme Global, kelompok ini telah benar-benar membunuh lebih banyak orang daripada IS, membunuh lebih dari 6.000 orang hanya tahun lalu.

Dalam serangan tahun 2014 di sebuah sekolah menengah di kota Chibok, kelompok ini menculik 276 siswi, di antaranya lebih dari 200 diyakini masih berada di penahanan. (st/RT)


latestnews

View Full Version