View Full Version
Selasa, 30 Aug 2016

Pejuang Abu Sayyaf Tewaskan 15 Tentara Filipina dalam Pertempuran di Sulu

SULU, FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Pejuang Abu Sayyaf Group (ASG) menewaskan sedikitnya 15 tentara Filipina dalam baku tembak di selatan negara itu, pejabat militer Filipina Kolonel Ed Arevalo, mengatakan pada Selasa (30/8/2016) menambahkan bahwa peristiwa ini terjadi di hari kelima serbuan militer ke markas ASG.

Dia mengatakan, baku tembak antara tentara dan kelompok Abu Sayyaf tersebut terjadi pada hari Senin pukul 16:30 Sitio Kan Jalul, Barangay. Maligay di Patikul, Sulu.

Dia mengatakan tim dari Batalyon Infanteri ke-35 Angkatan Darat Filipina dan Batalyon Infanteri ke-21 bertempur melawan sekitar 120 anggota Abu Sayyaf.

Baku tembak itu juga melukai 10 tentara, sementara jumlah korban di pihak Abu Sayyaf tidak diketahui.

Baku tembak terjadi setelah pasukan Filipina disergap militan Abu Sayyaf. Di antara yang tewas adalah seorang perwira.

Brigadir Jenderal Restituto Padilla mengatakan kepada CNN Filipina hari Selasa bahwa 27 anggota Abu Sayyaf telah gugur dalam operasi militer, menggunakan kekuatan udara dan darat, yang meningkat sejak Jumat.

Operasi ini dilancarkan usai Presiden Rodrigo Duterte memerintahkan untuk "menghancurkan" kelompok militan.

Kepala AFP Letjen Ricardo Visaya sesumbar mereka tidak akan berhenti sampai ASG diberantas.

"Mungkin masih ada korban di sepanjang jalan saat kita mempercepat tugas penting ini untuk membasmi bandit dan teroris dari 25 tahun, tapi kami tidak akan berhenti sampai kami menyingkirkan negara kita dari ancaman yang ASG bawa ini kepada dunia," kata Visaya. (st/cnn


latestnews

View Full Version