View Full Version
Senin, 10 Oct 2016

Pemimpin Tertingi Taliban, Mullah Akhundza Mengajar dan Berkhotbah Secara Terbuka di Quetta Pakistan

QUETTA, PAKISTAN (voa-islam.com) - Pemimpin tertinggi baru dari kelompok Taliban Afghanistan Mawlavi Haibatullah Akhundzada secara terbuka mengajar dan berkhotbah di sebuah masjid di provinsi Balochistan Pakistan sebelum ia diangkat untuk menggantikan Mullah Akhtar Mansoor yang gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan, Khamaa Press melaporkan hari Senin (10/10/2016).

Masjid tersebut, masjid Al HaaJ, di mana Mawlavi Akhundzada mengajar dan berkhotbah terletak di Kuchlak, dekat kota Quetta, rekan dan mahasiswa Akhundzada mengatakan kepada Reuters.

Akhundzada ditunjuk sebagai pemimpin tertinggi dari kelompok Taliban pada bulan Mei, beberapa hari setelah Mullah Mansoor ditargetkan dalam serangan pesawat tak berawak AS di sekitar provinsi Balochistan Afghanistan.

Dia diyakini bersembunyi setelah mengambil alih kepemimpinan kelompok itu dengan rekan dan murid-muridnya mengatakan "Setelah ia menjadi Amir, ia pergi dengan seluruh keluarganya."

Hafiz Abdul Majeed, yang mengurus Masjid Al HaaJ, mengatakan kepada Reuters bahwa ia sendiri belajar selama beberapa tahun di bawah bimbingan Akhundzada.

"Anda tidak bisa mengajarkan agama dan menjalankan pemerintahan (Taliban) pada waktu yang sama. Dan itu tentu saja akan menjadi berbahaya bagi kami dan para siswa dan masjid ini jika ia tetap di sini," tambahnya. (st/kp)


latestnews

View Full Version