View Full Version
Kamis, 13 Oct 2016

Boko Haram Bebaskan 21 Gadis yang Mereka Culik di Chibok

ABUJA, NIGERIA (voa-isla.com) - Kelompok Boko Haram telah membebaskan 21 dari siswi yang mereka culik pada 2014, kata para pejabat.

"Itu benar. Departemen informasi akan merilis sebuah pernyataan tentang masalah itu nanti," kata seorang pejabat pemerintah Nigeria tidak disebutkan namanya di kantor Presiden Muhammadu Buhari seperti dikutip AFP, Kamis (13/10/2016).

Sebuah sumber lokal juga dikutip mengatakan bahwa gadis-gadis itu ditukarkan dengan empat tahanan Boko Haram yang ditahan di kota Banki yang baru-baru ini dibebaskan, yang berbatasan dengan Kamerun, yang terletak di timur laut Nigeria.

Pada tanggal 14 April 2014, Boko Haram menculik 276 anak perempuan dari sekolah menengah mereka di kota timur laut Chibok di negara bagian Borno. Sekitar 60 gadis berhasil melarikan diri setelah itu, tapi nasib yang lain yang tersisa masih belum diketahui.

Bawa Gadis-gadis Kami Kembali, yang telah berkampanye untuk melepaskan para gadis tersebut dari penahanan Boko Haram selama dua tahun terakhir, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa identitas gadis-gadis itu belum dapat dikonfirmasi.

"Kami tidak dapat memastikan apa pun," kata Aisha Yesufu, pemimpin kampanye.

Pada bulan Agustus, kelompok Boko Haram merilis video baru yang menunjukkan beberapa dari perempuan yang mereka tahan dan menyerukan pembebasan rekan dalam sebagai pertukaran untuk kebebasan korban penculikan.

Seorang pejuang bertopeng dalam video itu mengatakan bahwa beberapa gadis itu masih hidup, sementara yang lain telah tewas dalam serangan udara yang dilakukan oleh angkatan udara Nigeria di kompleks Boko Haram. (st/ptv)


latestnews

View Full Version