View Full Version
Senin, 02 Jan 2017

Islamic State (IS) Nyatakan Bertanggung Jawab atas Penembakan di Klub Malam Reina di Istanbul

IRAK/SURIAH (voa-islam.com) - Islamic State (IS) pada hari Senin (2/01/2017) menyatakan bertanggung jawab atas serangan terhadap sebuah klub malam di kota Istanbul Turki yang menewaskan 39 orang pada malam tahun baru.

Dalam sebuah pernyataan yang beredar di media sosial, mereka mengatakan salah satu "tentara kekhalifahan" telah melakukan serangan terhadap klub malam Reina, di tepi Bosphorus.

Pernyataan itu mengatakan penyerang menggunakan granat tangan dan senjata serbu dalam serangan itu.

IS menuduh Turki, sebuah negara berpenduduk mayoritas Muslim, melayani orang-orang Kristen, dalam sebuah referensi yang mungkin untuk aliansi Ankara dengan koalisi internasional yang memerangi Islamic State di negara tetangga Suriah dan Irak.

Pernyataan itu mengatakan, serangan itu sebagai tanggapan terhadap intervensi militer Turki terhadap IS di Suriah.

Turki adalah pendukung oposisi Suriah, tetapi juga telah melancarkan intervensi militer sendiri di Suriah sejak Agustus, menargetkan baik pejuang IS dan petempur Kurdi.

Koalisi pimpinan AS melakukan serangan terhadap IS di Suriah menggunakan pangkalan udara di Turki.

Serangkaian serangan mematikan mengguncang Turki seluruh 2016, dengan beberapa diklaim oleh kelompok teroris Kurdi dan yang lain yang diduga merupakan pekerjaan IS.

Menteri dalam negeri mengatakan hari Senin bahwa penyerang klub malam Reina masih buron, dan upaya intens sedang berlangsung untuk menemukannya. (st/AFP)


latestnews

View Full Version