View Full Version
Jum'at, 28 Oct 2011

NTC: Pembunuh Kadhafi akan Diadili

LIBYA (voa-islam.com) - Dibawah tekanan kuat untuk menyelidiki pembunuhan terhadap mantan pemimpin Libya terguling, Muammar Kadhafi, Dewan Transisi Nasional yang berkuasa di Libya pada Kamis berjanji untuk membawa para pembunuh diktator yang pernah berkuasa selama 42 tahun tersebut ke pengadilan, Al Arabiya TV mengatakan.

"Berkaitan dengan pembunuhan Kadhafi, kita tidak menunggu siapa pun untuk memberitahu kami," wakil ketua NTC Abdel Hafiz Ghoga.

"Kami sudah melakukan penyelidikan. Kami telah mengeluarkan kode etik dalam penanganan tawanan perang. Saya yakin bahwa itu merupakan tindakan individu dan bukan tindakan revolusioner atau tentara nasional, "kata pejabat tinggi sementara.

"Siapa pun yang bertanggung jawab untuk itu (membunuh Kadhafi) akan diadili dan diberi pengadilan yang adil."

Keresahan global telah tumbuh atas bagaimana Kadhafi menemui ajalnya di tangan pejuang NTC yang menariknya keluar dari gorong-gorong di mana ia bersembunyi setelah serangan udara NATO.

Ponsel video menunjukkan dirinya masih hidup pada saat itu.

Disamping pembunuhan Kadhafi oleh para pengangkapnya, sebuah video Youtube menunjukkan seorang pemberontak mencoba untuk memasukkan sejenis tongkat atau pisau ke bagian belakang Kadhafi.

Video lain, menunjukkan anak Kadhafi, Mu'tasim ditangkap, masih hidup dan merokok sebelum pembunuhannya.

Pada hari Selasa jenazah Kadhafi, anaknya, Mu'tasim dan mantan menteri pertahanannya, Abu Baker Jaber, dikuburkan di sebuah lokasi rahasia. Pihak berwenang Libya mengatakan pemakaman diadakan di sebuah lokasi rahasia untuk mencegah vandalisme terhadap kuburan mereka.' (by/aby)


latestnews

View Full Version