View Full Version
Sabtu, 28 Jun 2014

Keramas Sebelum Masuk Ramadhan

Soal:

Assalam ‘alaikum Ustadz, Memang ada tuntunan kalau mau puasa Ramadhan harus keramas dulu?

08998486856

Jawab:

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Tidak ada tuntunan menyambut Ramadhan dengan keramas atau mandi janabat. Tidak ada hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam maupun atasar sahabat yang mencontohkan hal demikian.

Di masyarakat kita ada tradisi mandi semacam ini yang dikenal dengan “padusan” di tempat-tempat yang dianggap keramat; seperti sumber mata air, sungai atau sumur. Jelas ini tindakan salah yang terkategori tabarruk terhadap tempat-tempat tersebut dan bisa menyebabkan seseorang terjerumus ke dalam kesyirikan. Lebih parah lagi, pelaksanaannya dengan ikhtilath (campur baur laki-laki dan perempuan dalam satu tempat pemandian). Ini sungguh merupakan kesalahan yang besar karena tidak mengindahkan aturan Islam. Bagaimana mungkin Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat disambut dengan perbuatan yang bisa mendatangkan murka Allah?!

Namun perlu dicatat, tidak berarti keramas menjelang Ramadhan tidak dibolehkan. Kalau niatnya supaya dirinya lebih bersih, badannya lebih segar, atau bau rambutnya lebih wangi maka tidak mengapa. Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version