View Full Version
Sabtu, 12 Mar 2016

Doa Khusus Saat Terjadi Gempa Bumi?

Soal:

Assalaamu ‘Alaikum Warahmatullaah ,,, Ustadz, apa doa ketika kita merasakan gempa bumi?

081323155245 (SMS)

Jawab:

Wa’alaikumus Salaam Warahmatullaah Wabarakaatuh,,, Al-Hamdulillah, shalawat dan salam atas Rasulillah, keluarga dan para sahabatnya.

Tidak ada doa atau dzikir khusus saat merasakan/terjadi gempa bumi. Sejumlah ulama memandang baik untuk memperbanyak istighfar, doa, tadharru’ (merendahkan diri), dan sedekah saat terjadi bencana, seperti gempa bumi. Ini disyariatkan secara umum saat terjadi bencana dan tanda-tandanya seperti peritiwa gerhana.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَمَا أَرْسَلْنَا فِي قَرْيَةٍ مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا أَخَذْنَا أَهْلَهَا بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَضَّرَّعُونَ

Kami tidaklah mengutus seseorang nabi pun kepada sesuatu negeri, (lalu penduduknya mendustakan nabi itu), melainkan Kami timpakan kepada penduduknya kesempitan dan penderitaan supaya mereka tunduk dengan merendahkan diri.” (QS. Al-A’raf: 94)

Maksudnya; Allah uji mereka dengan penyakit yang menimpa fisik mereka, kefakiran dan kesusahan agar mereka berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah dengan khusyu’ supaya dihilangkan musibah yang menimpa mereka. (Disarikan dari penafsiran Ibni Katsir). Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab: Badrul Tamam
* Kirimkan pertanyaan atau makalah ilmiah Antum ke [email protected] atau ke 087781227881 (WA/SMS/Telp)


latestnews

View Full Version