View Full Version
Sabtu, 26 Mar 2016

Lebih Utama Mana, Bersedekah untuk Orang Terdekat atau Keluarga Mujahid?

Soal:

Assalamu ‘Alaikum.. Pak Ustadz, mana yang lebih utama bersedekah kepada orang tua dan keluarga terdekat atau kepada keluarga mujahid yang sangat membutuhkan bantuan.

Jawab:

Wa’alaikumus Salam Warahmtullah.... Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

Bersedekah (memberika kebaikan) kepada orang tua dan kerabat dekat memiliki pahala besar. Terhitung dua pahala; pahala sedekah dan pahala silaturahim.

Begitu pula sedekah kepada keluarga mujahid yang sangat kekurangan, pahalanya juga sangat besar. Ia meraih pahala jihad, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam,

مَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَدْ غَزَا وَمَنْ خَلَفَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِخَيْرٍ فَقَدْ غَزَا

"Siapa yang menyiapkan kebutuhan seorang yang berperang fi sabilillah maka sungguh ia telah ikut berperang. Dan siapa yang mengurus keluarga orang yang berperang fi sabilillah dengan baik maka sungguh ia telah ikut berperang." (Muttafaq 'Alaih)

[Baca: Keutamaan Infak Untuk Senjata Jihad Fi Sabilillah]

Jika seseorang memiliki kelapanan rizki, ia keluarkan sedekah pada jalan-jalan utama tersebut. Jika terbatas, maka yang lebih membutuhkan yang lebih didahulukan. Jika sama-sama butuh dan mendesak, utamakan orang dekat baru ke orang yang lebih jauh. Wallahu Alam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version