View Full Version
Selasa, 11 Jul 2017

Shalat Sunnah Setelah Kajian Ba'da Shubuh, Shalat Apa?

Soal:

Assalamu 'Alaikum Warahmatullah. . . Pak Ustadz, saya ikut kajian ba'da subuh dan selesai kajian kira-kira pukul 06.30. Selesai kajian banyak jamaah yang melaksanakan shalat sunah, itu shalat apa? Apakah pukul 06.30 sudah masuk Dhuha? Trimakasih atas jawabannya.

Bambang Arbangun

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah... Al-Hamdulillah. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Shalat yang dikerjakaan para jamaah seteah kajian ba’da shubuh yang Anda maksud adalah shalat Isyraq. Termasuk shalat Dhuha di awal waktu; beberapa saat setelah terbitnya matahari.

Awal waktu shalat Dhuha sesudah matahari terbit dan meninggi satu tombak, -sekitar 15 sampai 20 menit sesudah terbit-.

[Baca: Perbedaan Shalat Isyraq dan Shalat Dhuha]

Keutamaan Shalat Isyraq ini ditunjukkan hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu,

 مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ  تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Siapa yang shalat Shubuh dengan berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna (diulang tiga kali).” (HR. Al-Tirmidzi, dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Misykah, no. 971)

[Baca: Adakah Shalat Sunnah Sebelum Waktu Dhuha?]

Keutamaan shalat Dhuha di awal waktu ini jika digabungkan dengan dengan shalat shubuh berjama'ah, duduk dzikir (taklim termasuk dzikir) sehingga matahari terbit, lalu beberapa saat sesudahnya shalat 2 rakaat. Wallahu A'lam. [PurWD/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version