View Full Version
Kamis, 28 Feb 2019

Takut Minta Maaf, Apa yang Harus Dilakukan?

Soal:

Bismillah..Pak Ustad saya mau tanya.... saya pernah berbuat salah sama seseorang.. saya sudah minta ampun sama Allah tapi saya tidak berani untuk minta maaf langsung karena saya takut kalau saya datang langsung ke orang tsb, malah akan membuka luka lama ... bagaimana ya Pak Ustad?

081313321***

 

Jawab:

Baarakallahu Fiik... Jika Anda datang meminta maaf dan sambil membawa hadiah maka itu lebih utama. Apabila ada sangkutan hak adami, maka kembalikan haknya itu atau minta kehalalannya. Supaya urusan Anda dengannya selesai di dunia.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang pernah menzalimi saudaranya dari kehormatan atau sesuatu (miliknya) hendaknya ia meminta kehalalannya dari kezaliman itu pada hari ini, sebelum datang hari kiamat yang saat itu tidak ada manfaatnya lagi dinar dan dirham, jika ia mempunyai amal shalih maka akan diambil sekadar dengan kezalimannya, dan jika tidak memiliki kebaikan maka keburukan saudaranya akan diambil dan dibebankan kepadanya.” (HR. Al-Bukhari dan lainnya)

Jika khawatir akan timbul masalah lagi, luka lama kembali terbuka, sehingga menjadi pertimbangan untuk minta maaf langsung, maka Anda mintakan ampunan untuknya dan doakan kebaikan baginya. Semoga ini menjadi kafarah untuk kesalahan Anda. Ini seperti kafarah untuk dosa ghibah, seperti perkataan Al-Hasan al-Bashri "Kafarat ghibah adalah engkau mintakan ampunan untuk orang yg engkau gunjing." Wallahu A'lam.

[Baca: Kafarat Ghibah; Solusi Bagi yang Terjerumus Ghibah]

* Dijawab: Ustadz Badrul Tamam

* Tulisan atau pertanyaan ke [email protected] atau 087781227881 (SMS/WA)


latestnews

View Full Version