View Full Version
Senin, 19 Oct 2020

Bagaimana Meminta Maaf kepada Orang Telah Wafat

Soal:

Pak bagaimana cara minta maaf sama orang yang entah kemana atau sudah mati seperti memfitnah orang tersebut ?

08950733****

Jawab:

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah dan keluarganya.

Penanya –rahimakallahu-, kezaliman kepada seseorang akan menjadi kegelapan baginya di hari kiamat. Hendaknya ia berlepas dari kezaliman itu dan membersihkannya di dunia ini.

Jika kezaliman berkaitan dengan Allah maka dengan beristighfar dan bertaubat. Tapi kalau berkaitan dengan sesama, ditambah dengan meminta maaf, meminta kehalalalan, dan mengembalikannya jika terkait dengan hak milik.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ

"Barangsiapa yang pernah menzalimi saudaranya dari kehormatan atau sesuatu (miliknya) hendaknya ia meminta kehalalannya dari kezaliman itu pada hari ini, sebelum datang hari kiamat yang saat itu tidak ada manfaatnya lagi dinar dan dirham, jika ia mempunyai amal shalih maka akan diambil sekadar dengan kezalimannya, dan jika tidak memiliki kebaikan maka keburukan saudaranya akan diambil dan dibebankan kepadanya." (HR. Al-Bukhari dan lainnya)

Ini jika orang tersebut masih hidup. Bagaimana kalau sudah meninggal dunia?

Jika nama baik orang tersebut rusak akibat fitnahnya, maka ia harus menjelaskan jatidiri orang tersebut yang tidak seperti dituduhkan kepadanya. Kemudian, baginya memintakan ampunan (beristighfar) untuknya.

Ini sebagaimana perkataan Al-Hasan al-Bashri rahimahullah berkata,

كفارة الغيبة أن تستغفر لمن اغتبته

"Kafarat ghibah adalah engkau memintakan ampun untuk orang yang engkau gunjing."

Dan mengingat bahwa ampunan adalah kebutuhan pokok bagi orang yang sudah meninggal dunia. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

  • Dijawab: Badrul Tamam
  • Kirimkan tulisan keislaman atau pertanyaan ke [email protected] / 087781227881 (SMS/WA)

latestnews

View Full Version