View Full Version
Ahad, 14 Mar 2010

Koran Biadab Swedia Kembali Memuat Kartun Menghujat Rasulullah

KUALA LUMPUR [voa-islam.com] – Kementerian Luar Negeri Malaysia mendesak pemerintah Swedia menindak tegas tiga surat kabar nasional yang mempublikasikan ulang karikatur yang menghina Nabi Muhammad secara tidak senonoh. Dalam karikatur tersebut, tubuh Nabi Muhammad digambarkan –maaf, astagfirullah–  menyerupai anjing.

"Malaysia dengan keras mengecam pemuatan ulang kartun Nabi Muhammad oleh tiga koran Swedia pada 10 Maret 2010," kata Menlu Anifah Aman dalam statemen blak-blakan di luar kebiasaan, pada Sabtu (13/3) malam dan dilansir AFP, Minggu (14/3/2010).

Anifah menyatakan, negaranya prihatin atas tindakan "tercela yang mengabaikan kepekaan dunia Muslim atas nama kebebasan menyatakan pendapat" tersebut.

"Tindakan yang tidak bertanggung jawab itu provokatif dan menyerang sehingga sama sekali tidak bisa diterima," tegasnya.

"Malaysia meminta pada pemerintah Swedia untuk mengambil langkah-langkah terhadap publikasi semacam itu guna mencegah tindakan yang tak bertanggung jawab itu terulang di masa mendatang, "ujarnya.

...kepala Lars Vilks, penggambar kartun Nabi yang melecehkan Nabi, dihargai 100 ribu dolar oleh kelompok tertentu yang terkait Al-Qaeda...

Partai Islam konservatif, PAS, menyatakan pihaknya akan mengorganisir demonstrasi setelah salat Jumat mendatang dan mengirimkan surat protes pada Kedubes Swedia atas pemuatan ulang kartun tersebut.

Pemuatan ulang kartun itu juga berimbas pada penangkapan 7 orang dengan tuduhan merancang plot pembunuhan terhadap Lars Vilks, penggambar kartun Nabi yang kepalanya dihargai 100 ribu dolar oleh kelompok tertentu yang terkait Al-Qaeda.

Kontroversi ini bermula ketika sebuah koran regional Swedia memajang kartun satir Vilks pada 2007, yang memicu protes kaum Islam di berbagai negara, sementara pemerintah Mesir, Iran dan Pakistan, membuat protes resmi. [taz/dtk, tmp]


latestnews

View Full Version